Menu Click to open Menus
Home » Berita » Perikanan Indonesia Masih Kalah Dari Negara Tetangga

Perikanan Indonesia Masih Kalah Dari Negara Tetangga

(574 Views) November 21, 2015 6:49 pm | Published by | No comment

Perikanan Indonesia Masih Kalah Dari Negara Tetangga

Indonesia terkenal dengan Negara maritim dengan banyak sekali pulau didalamnya. Akan tetapi kualitas akan hasil laut yang ada di Negara kita masih kurang baik. Dan hal itu menjadi perhatian khusus bagi seluruh instansi terkait, karena sebentar lagi pasar bebas ASEAN akan masuk ke Indonesia. Pasar bebas tersebut tentu akan membuat tanah air kita ini dibanjiri oleh produk produk dari Asia Tenggara.

Nilanto Perbowo selaku Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan Dan Perikanan, Kementrian Kelautan dan Perikanan menyatakan bahwa jika yang di permasalahkan adalah daya saing, tentu yang harus diperhatikan pertama kali adalah kualitas. Dan hal tersebut belum terbukti sampai saat ini karena kualitas yang ada pada perikanan kita masih tertinggal oleh beberapa Negara tetangga kita seperti Thailand, Malaysia dan Singapura.

Yang tentunya hal ini merupakan “pekerjaan rumah” bagi selueruh instansi yang terkait, karena tentunya harus terus diperbaharui tambah Nilanto di Festifal Perikanan Nusantara di Senayan, Jakarta pada hari Sabtu 21 November 2015.

Kualitas yang kurang dari Negara kita mungkin dari bahan baku yang masih banyak impor dari Negara lain. Seperti bahan baku untuk membuat bakso ikan dan produk kaleng. Akan tetapi menurut NIlanto hal tersebut tidaklah seluruhnya salah, karena kita mendapatkan keuntungan dengan mampu re-ekspor kembali produk tersebut ke Negara Negara maju. Mengapa demikian? Karena di Negara maju tidak bisa menyesuaikan produk perikanan dengan harga nya karena biaya tenaga kerja yang tinggi.

Namun Nilanto tetap menegaskan akan tetap memproteksi perikanan lokal dari datangnya serbuan produk produk perikanan impor nanti. Yang tentunya akan dilaksanakan dengan semua piak yang terkait, bak dari kementrian dan lembaga lemabaga yang memiliki kapasitas di bidang ini. dan hal ini tentu akan terus di kaji terutama tentang pembatasan impor yang akan terjadi nanti. BPOM pun tentu harus ikut serta dengan kementrian dalam menanggulangi hal ini.  

Tags: ,
Categorised in: ,

No comment for Perikanan Indonesia Masih Kalah Dari Negara Tetangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'