Menu Click to open Menus
Home » Opini » Menutup Aurat Karena Allah

Menutup Aurat Karena Allah

(550 Views) April 20, 2017 12:03 pm | Published by | 2 Comments

… dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung (khimar) mereka hingga (menutupi) dada mereka… (QS. An- Nuur:31)

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri- isterimu, anak- anak perempuanmu dan isteri- isteri orang mukmiin. Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.(QS. Al Ahzab:59)

Seorang muslim wajib untuk menyandarkan semua niat perbuatannya semata karena Allah dan benar- benar tidak melanggar larangan- laranganNya, karena hakikat hidupnya adalah ibadah. Allah SWT berfirman”

Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepadaKu.(QS. Adz- Dzaariyat: 56).

Seorang muslim, saat berhadapan dengan apa yang diperintahkan Allah, maka tidak ada pilihan baginya kecuali tunduk patuh kepada Allah. Allah SWT berfirman:

Dan tidaklah patut bagi laki- laki yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang mukmin, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka.(QS. Al Ahzab: 36).

Maka saat Allah sudah menetapkan suatu aturan, manusia tidak berhak untuk memperdebatkannya, kemudian mereka mencari alternatif yang mereka anggap lebih baik. Baik atau buruk, hanya Allah yang mengetahuinya. Apa yang dianggap manusia baik dan ia sukai, belum tentu baik dalam pandangan Allah. Allah SWT berfirman:

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.(QS. Al Baqarah: 216).

Menutup aurat adalah bagian dari ibadah, karena ini adalah salah satu perintah dari Allah SWT. Karena itu, apapun bentuk dari menutup aurat, ketika jelas merupakan perintah Allah, seorang muslimah tidak layak untuk mendebat, mencari alternatif lain, menerka-nerka, ataupun meyimpangkan tujuan dari perintah tersebut.

Dengan demikian, untuk kesempurnaan ibadah ini, muslimah harus mencari tahu seperti apakah menutup aurat yang diperintahkan Allah, jilbab dan kerudung seperti apakah yang ditetapkan, dan untuk apa dia mengenakannya sehingga pelaksanaan dari kewajiban ini tidak menyimpang. (vin)

Categorised in: ,

2 Comments for Menutup Aurat Karena Allah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'