Menu Click to open Menus
Home » Berita » Kabar Baik dan Buruk Sekaligus dari Pulau Sumatera

Kabar Baik dan Buruk Sekaligus dari Pulau Sumatera

(477 Views) November 3, 2015 5:04 pm | Published by | No comment

Kabar Baik dan Buruk Sekaligus dari Pulau Sumatera

Belakangan ini, tepatnya kemarin tanggal 2 November 2015 meniadakan masa darurat asap, yang dikarenakan sudah sejak 5 hari kebelakang asap sudah berangsur menipis. Dalam kondisi baik dan sudah tidak berada pada status berbahaya.

Seperti yang kita ketahui, sudah 35 hari tercatat oleh pemprov Pekanbaru, Riau berada dalam status darurat asap karena asap pekat yang memiliki tingkat sangat berbahaya bagi masyarakat setempat. Dengan dua pekan perpanjangan ditambah dengan satu pekan lagi menjadikan genap menjadi 35 hari status darurat asap ujar Darusman, selaku Kepala Biro Humas Pemprov Riau.

Dan menurut hasil dari pemantauan Badan Lingkungan Hidup pun sama, bahwa udara di provinsi Riau sudah kian membaik, tambah Darusman. Bahkan saat ini untuk provinsi Riau sudah tidak memiliki titik panas atau dengan kata lain nol titik panas.

Hal tersebut merupakan kabar baik dari salah satu provinsi di Sumatera, akan tetapi disisi lain, Sumatera Selatan terjadi penambahan titik api setelah beberapa waktu lalu diguyur hujan. Sebelumnya di provinsi SumSel ini hanya memiliki tujuh titik panas yang saat ini melonjak berkali lipat menjadi 242 titik api.

Menurut data BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) titik panas yang terpantau terbanyak saat ini 3 November 2015 di Kab. Ogan Komering Ilir dengan 181 hotspot. Dan penyebaran terbesarnya menuju ke Kec. Tulung Selapan. Lalu ada 30 hotspot di Kab. Musi Banyuasin dan 17 hotspot di Kab. Banyuasin dan sisanya tersebar di beberapa kabupaten seperti Muara Enim dan beberapa kabupaten lainnya.

Indra, selalu Kasi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Kenten Palembang menyatakan bahwa hal ini memang harus diguyur oeh hujan yang merata. Sementara saat ini hujan belum merata turun dan kurang cukup lama di daerah tersebut.

Tentu saja hal tersebut membuat kaget semua pihak yang dideteksi sebelumnya hanya memiliki 7 hotspot dan saat ini di jam yang sama sudah memiliki sekian banyak penambahan hotspot. Namun dirasa kabut asap memang sudah mulai menipis, dan menurut Indra, hujan merata akan hadi dir pertengahan bulan November.

Tags: ,
Categorised in:

No comment for Kabar Baik dan Buruk Sekaligus dari Pulau Sumatera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'