Menu Click to open Menus
Home » Tulisan Lepas » Jika Beberapa Hal Ini Dilakukan, Indonesia Bisa Lebih Maju Dari Singapura

Jika Beberapa Hal Ini Dilakukan, Indonesia Bisa Lebih Maju Dari Singapura

(188 Views) May 14, 2017 8:24 pm | Published by | No comment

Indonesia Bisa Lebih Maju Dari Singapura
Oleh : Irwansyah Saragih
Guru SMP IT ANNUR Cikarang Timur

Berbicara tentang negara Singapura tentunya hal pertama yang terlintas di benak kita adalah patung singa. Ya, patung singa yang disebut Merlion itu merupakan icon Singapura yang telah mendunia. Namun, seiring berjalannya waktu keunikan patung singa sedikit tergeser dengan keberadaan bangunan-bangunan megah dan arsitektur yang menjamur di Singapura.

Marina By Sands adalah salah satu icon baru Singapura. Bangunan dengan tiga gedung utama, bagian atasnya saling terhubung dan membentuk bangunan baru dengan design kapal pesiar menjulang tinggi dan megah di angkasa. Seolah-olah ingin menunjukkan kepada dunia, inilah Singapura, negara kecil yang maju dan mendunia.

Ada pertanyaan menarik dari panitia yang diberikan kepada kami, peserta Enterpreneurship Educational Journey ( EEJ ), jaringan sekolah Islam terpadu, Kabupaten Bekasi, yang berkunjung ke Singapura pada 9-11 Mei 2017. Kenapa negara Singapura bisa maju?Jika suatu saat nanti kamu memiliki kesempatan menjadi pemimpin di Indonesia, langkah apa yang akan kamu lakukan agar dapat membuat Indonesia menjadi negara maju.

Hmm… pertanyaan yang sangat luar biasa dan saya pun tertantang untuk membahasnya.

Pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat, kemajuan teknologi yang semakin canggih dan standart mutu pendidikan yang semakin hari semakin membaik, menjadikan Singapura sangat pantas dinyatakan sebagai negara terbaik pertama di Asia Tenggara. Ini terbukti bahwa Singapura merupakan salah satu kekuatan bisnis dunia, Kecanggihan dan pelayananan transportasi umumnya menjadi yang terbaik pertama di seluruh dunia dan negara ini menjadi salah satu tujuan terbesar pelajar dari penjuru dunia untuk melanjutkan studynya.

Lalu, pertanyaannya kenapa Singapura dapat menjadi negara maju seperti saat inu? Jawaban nya sederhana karena Perniagaan. Ya…sejak awal, ketika negara ini ditemukan pada tahun 11 M lalu, oleh Pangeran Sang Nila Utama, beliau sudah memfokuskan negara kepulauan ini dalam perniagaan. Ini didasari oleh kondisi negara Singapura yang sangat strategis. Sangat dekat dengan laut sehingga menjadikan sebagai besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan. Berawal dari sinilah, nelayan-nelayan Singapura saling terhubung dengan nelayan dari berbagai negara sehingga pemerintah Singapura kemudian mengembangkan pelabuhan-pelabuhannya, sehingga perdagangan antar negara semakin lancar dan dilirik dunia. Saat ini pelabuhan di Singapura merupakan salah satu pelabuhan yang paling sibuk di seluruh dunia. Perlu kita ingat pesan Rasulullah Muhammad SAW, Jika ingin kaya raya makan berniagalah. Mungkin pesan inilah yang menjadi pedoman bagi warga Singapura untuk senantiasa berniaga dalam melanjutkan hidup.

Lantas, jika jadi pemimpin apa yang akan saya lakukan untuk kemajuan bangsa Indonesia. Saya akan jawab perbaikilah sistim pendidikannya. Ya… Pendidikan adalah kunci utama agar Indonesia bisa maju. Indonesia jauh lebih kaya Sumber Daya Alamnya dibandingkan Singapura. Untuk itu pemerintah butuh lebih konsentrasi pada pendidikan anak bangsa. Pendidikan gratis, tunjangan beasiswa, kurikulum yang stabil, kesejahteraan guru dan peningkatan prasarana pendidikan adalah hal yang paling utama. Kemudian yang terpenting adalah pendidikan Character building (mentoring), kita tidak mau ketika nanti Indonesia maju tapi tidak mempunyai karakter. berharap bangsa Indonesia maju tapi tetap menjaga tradisi budaya ketimuran. Tidak kebablasan, seperti yang kita lihat ketika berkunjung ke Singapura. Norma ketimuran sudah punah disini ditelan kemajuan zaman.

Contoh kegiatan EEJ yang digalakkan oleh JSIT merupakan salah satu langkah awal agar anak Didik Indonesia lebih terbuka cakrawalanya dan terpacu semangatnya dalam belajar, sehingga suatu saat dapat membawa Indonesia menjadi sang juara.

Diakhir perlu saya sampaikan bahwa kemajuan Singapura bukanlah proses yang instant. Mereka juga berjuang terlebih dahulu agar dapat mencapai puncak seperti saat ini. Mentaati peraturan yang telah ditetapkan, disiplin dan giat bekerja.

Untuk itu, agar Indonesia juga dapat maju perlu penerapan peraturan yang jelas dari semua pihak. Indonesia yang merupakan negara hukum saat ini belum menunjukkan aturan hukum yang jelas. Masih banyak ketidakseimbangan hukum di negara ini. Jadi, kalo bangsa Indonesia mau maju, maka harus menetapkan hukumnya dengan seadil-adilnya. Seperti yang tertuang dalam sila kelima Pancasila yang berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Categorised in:

No comment for Jika Beberapa Hal Ini Dilakukan, Indonesia Bisa Lebih Maju Dari Singapura

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'