Menu Click to open Menus
Home » Berita » Rumah Zakat Gandeng Indosat Garap Program Desa Berdaya di Indramayu

Rumah Zakat Gandeng Indosat Garap Program Desa Berdaya di Indramayu

(378 Views) August 21, 2017 11:28 am | Published by | No comment

Indramayu, publikjurnalistik.org – Rumah Zakat dan Indosat telah me-launching Desa Berdaya dan Digital Corner di Desa Tegalurung, Balongan, Indramayu, Minggu (20/08).

Desa Berdaya adalah istilah program pemberdayaan masyarakat desa oleh Rumah Zakat, melalui aktivitas pembinaan dan pendampingan secara berkala yang mendorong kearah kemandirian warga.

Sedangkan Digital Corner merupakan sebuah balai yang digunakan sebagai sentra kegiatan pemberdayaan masyarakat, yang dilengkapi dengan perangkat elektronik beserta jaringan internet secara gratis, sebagai wadah masyarakat untuk mendapatkan akses informasi.

Hadir dalam acara launching, KaCab Indosat Cirebon Alamsyah, Ketua SKI Indosat Jawa Barat Aji, jajaran pemerintahan mulai dari ketua RT sampai tingkat kecamatan yang pada kesempatan ini diwakili oleh Nurudin (staff camat).

Acara dimulai dengan pembukaan dengan Tilaah Qur’an oleh salah seorang peserta bimbel gratis Rumah Zakat yaitu Anis Fitriani dan dilanjut dengan sambutan-sambutan.

“Selamat datang dan terima kasih kepada Rumah Zakat dan Indosat yang sudah datang di Desa Tegalurung, semoga dengan adanya program ini masyarakat bisa lebih diberdayakan,” Nurudin yang mewakili Camat Balongan.

Alamsyah sebagai KaCab Indosat Cirebon mengatakan bahwa program Desa Berdaya ini sebuah program yang bisa memberdayakan masyarakat, dengan memanfaatkan digital corner dari Indosat yang ada di balai inspirasi Desa Tegalurung yaitu Kelompok Usaha Bersama (KUBE), jadi masyarakat memanfaatkan fasilitas digital corner misalnya untuk penjualan produk melalui online atau search resep dan lain lain.

Sedangkan Aji ketua SKI Indosat Jawa Barat menjelaskan tentang manfaat program Digital Corner yang diadakan di desa Tegalurung, “Digital Corner ini adalah tempat warga terutama anak muda untuk belajar tentang ilmu digital dan internet, bagaimana cara berjualan online, membuat buku online yang bisa diakses oleh guru kapan dan dimana saja, dan informasi-informasi lainnya yang bermanfaat,” jelasnya.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan foto bersama semua perwakilan yang hadir baik itu dari Relawan Inspirasi, Rumah Zakat, ZIS Indosat dan pihak kecamatan.

Agenda dilanjutkan denga demo memasak kuliner pedesan entog yang merupakan salah sati bentuk follow up dari program pemberdayaan ternak entog yang ada di Desa Tegalurung, semua yang hadir sangat antusias karena yang memasak Bu Erli pembina program KUBE , merupakan seorang chef profesional yang ada di Indramayu.

“Pedesan entog ini bisa dikembangkan lagi dengan membuat bumbu kering dan dagingnnya dibungkus terpisah sehingga bisa di jual ke luar kota,” tegas ketua SKI Indosat Jawa Barat lebih lanjut.

Peresmian balai inspirasi ditandai dengan pemotongan pita bersama perwakilan dari Rumah Zakat, ZIS Indosat, pemerintaham setempat dan Kapolsek Balongan. [lastri/mk]

Share this...
Print this page
Print
Categorised in: ,

No comment for Rumah Zakat Gandeng Indosat Garap Program Desa Berdaya di Indramayu

Leave a Reply