Menu Click to open Menus
Home » Berita » Hypnoterapi Untuk Anak -2

Hypnoterapi Untuk Anak -2

(393 Views) June 20, 2017 9:05 am | Published by | No comment

Oleh. I Hartaman C.Ht

Apakah ayah / ibu mempunyai handphone? Jaman ini umumnya punya , seberapa sering baterainya discharge/ diisi ulang ? sehari satu kali ,dua kali atau selalu terhubung dengan powerbank. Masing masing mempunyai alasan sendiri mengapa mengisi baterai seperti itu tetapi yang pasti adalah agar selalu merasa aman,handphone setiap saat dapat dipergunakan. Begitu pula dengan anak mereka ingin memastikan bahwa dia aman ada perlindungan dari kedua orang tuanya itulah baterai kasih anak.

Baterai kasih ini harus selalu terisi cukup bahkan penuh,banyak cara anak minta diisi baterai kasihnya yaitu berupa perilaku yang sudah teruji untuk mendapatkan hal yang anak inginkan. Bila kosong maka anak mulai berperilaku dengan indikasi kecemasan  yang diungkapkan seperti suka marah,suka gigit jari,”nakal”,ngompol,perilaku agresif,suka melawan,sulit diarahkan dan banyak lagi hal yang disebut sebagai “masalah” oleh orang tua. Akibat dari perilaku anak ini orang tua marah, anak merasa ditolak baterai kasihnya kosong dia minta diperhatikan dengan semakin “berulah” membuat orang tua semakin marah,anak tambah “beraksi” orang tua semakin memuncak kemarahannya dan menjadi seperti lingkaran  yang tertutup tidak ada ujung pangkalnya.

Karakter anak untuk  merasa disayang bisa dibagi menjadi 5 yaitu :

  • Anak akan merasa disayang apabila ayah atau ibu berada didekatnya dengan perhatian penuh atau terkadang cukup terlihat saja dia sudah senang.
  • Ayah/ibu mungkin punya anak yang sebentar sebentar memperlihatkan sesuatu minta perhatian dan akan terus menggangu sebelum mendapatkan pujian.
  • Anak yang ingin disentuh tipe ini contohnya anak yang selalu minta digendong atau minta bermain yang bersentuhan fisik seperti dilempar lempar oleh ayahnya.
  • Hadiah adalah segalanya bagi sebagaian anak,dia tidak akan mersa disayang sebelum mendapakan hadiah.
  • Anak kolokan adalah anak bertipe minta pelayanan sebagai baterai kasihnya.

Dalam satu keluarga tipe anak tidak akan sama dan umumnya semua karekter itu ada pada setiap anak tetapi dengan kekuatan yang berbeda beda dan yang paling menonjonglah yang akan dominan sebagai tipe baterai kasih anak. Orang tua diharapkan paham akan indikasi kecemasan sehingga bisa mengisi baterai  pada waktu yang tepat dan sesuai dengan karakter perasaan kasih anaknya. Perilaku anak dirumah di sekolah dan lingkungan akan banyak dipengaruhi oleh tipe orang tua itu sendiri seperti serba melarang,semua boleh atau tipe  lain kita bahas minggu depan .

Kombinasi sifat/ tipe orang tua dan anak akan menimbulkan perilaku yang terjadi dalam kehidupan sehari hari anak apakah dia anak “bermasalah” anak terlalu “baik” atau biasa biasa saja. Faktor dominan pembentuk adalah sifat dari orang tuanya itu sendiri sehingga akan membentuk kepribadian anak hingga dewasa. Semoga minggu depan masih ada waktu untuk membahas tipe orang tua dan pengaruhnya kepada anak.

Semoga Bermanfaat!

 

I.Hartaman adalah hipnoterapis aktif bersertifikat C.Ht setelah menyelesaikan pendidikan di Adi W Gunawan Institute Mind of Technologi dan pada saat ini masih aktif memimpin sebuah perusahaan PMA di Cikarang.

Http://www.ihartaman.com

http://www.facebook.com/hipnoterapibekasi

Share this...
Print this page
Print
Categorised in: , ,

No comment for Hypnoterapi Untuk Anak -2

Leave a Reply