Menu Click to open Menus
Home » Berita » Intip Yuk! Serunya Kegiatan Rona Nusantara Edisi Spesial Ramadhan

Intip Yuk! Serunya Kegiatan Rona Nusantara Edisi Spesial Ramadhan

(230 Views) June 14, 2017 9:53 pm | Published by | No comment

Cikarang-Publikjurnalistik. Rumah zakat sebagai lembaga filantropi pengelola dana zakat, infaq, sedekah, dan dana kemanusiaan di Indonesia, selalu mempunyai cara dan terobosan unik untuk bisa memberikan kontribusi bagi masyarakat dan daerah yang terisolir. Salah satu implementasi buah hasil dari keaktifan Rumah Zakat untuk memberikan kontribusinya adalah, dengan mengadakan program kegiatan Rona Nusantara. Bahkan kegiatan ini sukses di gelar sebanyak 3 kali di waktu dan tempat yang berbeda.

Dengan menggunakan taglineĀ  “Travelling And Sharing”, Rumah Zakat membuat sebuah konsep travelling nan unik namun berbeda. Pada umumnya jika kita hendak travelling, hanya lebih mengedepankan pada kesenangan saat menikmati wisata semata, namun di kegiatan rona nusantara ini, bagaimana sebuah kegiatan travelling di konsep tidak hanya mendapatkan ‘euforia’ berwisata bagi peserta, tetapi juga ikut andil bagian memberikan bantuan atau ‘sharing’ pada daerah yang dikunjungi, yang dimana daerah tersebut jauh dari suasana perkotaan dan sangat terisolir.

Di ikuti sebanyak 20 peserta per edisinya, para peserta yang datang dari berbagai wilayah sangat antusias dengan kegiatan ini. Itu terbukti dengan ratusan pendaftar online di setiap edisi. “Awalnya saya melihat kiriman di instagram rumah zakat, makanya saya mau ikut, soalnya sepertinya menarik dan seru.” Ujar Imat, peserta rona asal Sulawesi. Tidak hanya berasal dari Sulawesi, peserta rona pun datang dari berbagai daerah di Indonesia dan dari kalangan profesi.

Kegiatan rona nusantara kali ini terasa lebih spesial, karna bertepatan dengan bulan Ramadhan, yang di langsungkan di 2 kota berbeda. Di Kampung Krapyak, Desa Cicadas, Kabupaten Purwakarta pada 02-04 Juni 2017, dan di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo yang dilaksanakan pada 09-11 Juni 2017.

Selama kegiatan rona nusantara berlangsung, para peserta di ajak untuk terlibat dalam kegiatan bhakti pendidikan, bhakti sosial, penyaluran kornet Superqurban, serta ditutup dengan kegiatan travelling ke wisata alam setempat. Seperti misalnya, saat rona nusantara edisi Kulonprogo, dimana para peserta ditantang untuk menjadi pengajar anak-anak sekolah dasar dengan konsep yang unik dan beda, pada kegiatan bhakti pendidikan. “Aku seneng banget. Soalnya kakaknya lucu-lucu dan seru”. Curhat Ego Wicaksono (8), siswa kelas 2 SDN 1 Sokomoyo.

Tidak hanya sampai disitu, rona nusantara pada edisi Purwakarta pun, juga tak kalah serunya. Dengan memberikan bantuan paket Ramadhan yaitu 150 paket berbagi buka puasa, bingkisan lebaran keluarga, 25 kado lebaran yatim, sembako, perlengkapan sekolah, syiar quran dan pembangunan MCK umum, membuat perawat asal Cikarang, Bekasi, ini rela cuti kerja untuk mengikuti kegiatan tersebut. “Program dari kegiatan Rona Nusantara ini Bagus Sekali. Mengusung Tema Sharing And Traveling. Alhamdulillah ‘Alaa Kullihal. Semoga suatu hari nanti saya bisa ikut lagi di edisi rona selanjutnya.” Kata Rachmawati (25) pada Publikjurnalistik.

Namun jauh sebelum 2 lokasi kegiatan tersebut, rona nusantara edisi pertama yang berlokasi di Kampung Pasirtaritih, Kabupaten Cianjur, pada bulan April lalu, telah sukses di galakan oleh rumah zakat dan berhasil menarik animo masyarakat untuk ikut serta di edisi selanjutnya. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, bisa menjadikan keunikan tersendiri bagi penyuka travelling namun ingin berbeda, dan tetap bisa memberikan manfaat untuk masyarakat yang membutuhkan.

Categorised in: ,

No comment for Intip Yuk! Serunya Kegiatan Rona Nusantara Edisi Spesial Ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'