Menu Click to open Menus
Home » Tips » Hypnoterapi Untuk Anak -1

Hypnoterapi Untuk Anak -1

(220 Views) June 8, 2017 9:33 pm | Published by | No comment

Hypnoterapi Untuk  Anak -1
Oleh. I Hartaman C.Ht

Orang tua sebagai pemimpin dalam sebuah kumpulan kecil yaitu keluarga menjadi contoh dan teladan bagi anggotanya,gaya memimpin,pengetahuan, karakter pribadi akan memberikan warna tersendiri kepada lingkunan kecil ini. Menjadi ayah dan ibu secara alami akan terjadi kepada manusia pada umumnya akan saat ini belum ada sekolah untuk menjadi orang tua yang memberikan ilmu dan pengetahuan penanganan anak yang merupakan makhluk unik dan tidak ada satupun yang sama. Pada saat kelahirannya pun ayah /ibu tidak diberikan panduaan/buku manual cara menangani anak terlahir sehingga orang tua dituntut terus menerus belajar mamahami dan memberikan perhatian khusus untuk setiap anak dalam anggota keluarganya.

Kalau sebuah mobil selalu disertai cara mencalankan memelihara penanganan masalah dll tetapi anak lahir dengan buku kosong putih tanpa panduan bagaimanakondisi  pribadi anak sehingga kemungkinan salah operasional menjadi besar ,salah pengertian/ pandangan seperti sifat nakal, banyak bertanya, kolokan ,merengek,pemarah,super aktif dan lain lain dianggap  sebagai masalah. Atau memandang anak sebagai sesuatu yang harus diberi makanan fisik seperti pohon diberi pupuk yang pada akhirnya akan tumbuh dan tinggi dan besar  tetapi pada kenyataannnya pohon yang tidak dipelihara bertumbuh tidak sesuai harapan miring kiri atau kanan sebagian malah hampir mendatar bukan keatas.

Membangun sebuah rumah yang kecil sekalipun diperlukan cetak biru/perencanaan sehingga jelas jumlah ruang, letak posisi ,ukuran yang akan dibangun oleh tukang harapannya tidak terjadi penyimpangan dan kalau terjadi dapat dinimimalisir. Orang tua tidak bisa membuat cetak biru untuk anak sendirian tetapi harus disesuaikan dengan pribadi anak masing masing, maka diperlukan pembelajaran untuk mengerti dan memahami sifat anak tersebut ,setiap perubahan tumbuh kembang diperhatikan orang tua untuk pembelajaran.

Perasaan aman adalah hal yang paling dibutuhkan seorang anak, agar mendapatkan hal ini anak akan   melakukan  berbagai macam cara bahkan  dengan cara yang di anggap orang tua negatif sebagai masalah . Ketika bayi menangis ini adalah  perilaku permintaan perhatian dan hanya ibu nya yang paham,pagi ini nangis artinya minta ganti popok, nangis setengah jam kemudian minta ASI , tangis selanjutnya minta digendong dan sebagainya. Komunikasi /penegetahuan yang secara naluri dan kebiasaan dipelajari ibu lambat laun  setelah menginjak usia  balita mengapa banyak orang tua menjadi kurang paham? Anak menangis dibilang rewel,cengeng,kolokan berbagai label tidak baik di tempelkan,orang tua beranggapan anaknya sudah bisa bicara sehingga mereka harus mengungkapkannya denagn kata kata .Anak mengemukakan keinginan harapan banyak dengan perilaku karena keterbatasan kosa kata pemahaman kalimat serta bagaimana dan kapan diucapkannya. Sewajarnya  orang tua patut tetap belajar memahami sinyal sinyal yang diberikan anak  dengan baik dan benar.

Kapan anak perlu perhatian orang tua?

Seorang anak pada saat mempunyai perasaan aman yang penuh perhatian orang tua yang diterimanya maka anak  akan melepaskan diri dari perhatian ayah ibunya dan suatu ketika setelah berlari kesana kemari perasaannya mulai kosong baterai habis merasa perlu perhatian orang tua lagi maka anak  akan kembali mendekat minta diisi  perasaan amannya yaitu diperhatikan. Ibarat sebuah mesin dengan baterai yang penuh setelah jalan  dipakai menjadi  kosong lalu  minta diisi kembali. Apabila pada saat minta di charge ternyata orang tua sedang sibuk tidak memperhatikan  maka mulailah daya upaya dikerahkan , menagis , marah,minta minum,teriak teriak , lari lari  dan sebagainya untuk dapat mengalihkan  perhatian ayah/ibu kepada dirinya.

Ayah dan Bunda,memberikan perhatian kepada anak dilakukan berdasarkan  karakter/sifat anak itu sendiri karena ternyata cara memberikan perhatian terhadap satu anak akan berbeda dengan anak yang lain.Kita akan bahas di minggu depan cara memberikan kasih sayang berdasarkan karakter anak  ini adalah materi yang biasa disampaikan dalam seminar hypnotheraphy for children salah satunya adalah teknik  mengisi baterai kasih yang dapat  memperbaiki perilaku anak.

I.Hartaman adalah hipnoterapis aktif bersertifikat C.Ht setelah menyelesaikan pendidikan di Adi W Gunawan Institute Mind of Technologi dan pada saat ini masih aktif memimpin perusahaan PMA di Cikarang.
Http://www.ihartaman.com
http://www.facebook.com/hipnoterapibekasi

Categorised in: ,

No comment for Hypnoterapi Untuk Anak -1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'