Menu Click to open Menus
Home » Tips » Manajemen SDM dan Strategi Pengembangan SDM untuk UKM

Manajemen SDM dan Strategi Pengembangan SDM untuk UKM

(469 Views) June 3, 2017 11:31 am | Published by | No comment

Saat ini banyak perusahaan yang memiliki banyak karyawan namun mereka tidak memiliki kemampuan untuk bekerja sesuai dengan pekerjaannya. Ada yg bisa bekerja tapi attitudenya kurang baik. Disinilah peran pimpinan sangat diperlukan untuk melakukan manajemen SDM bagi perusahaannya.

Demikian juga dengan manajemen SDM untuk UKM. UKM saat menjadi perhatian khusus oleh pemerintah karena usaha kecil menengah ini mampu menyerap tenaga kerja dan mengurangi pengangguran.

Manajemen SDM untuk UKM sangat penting agar usaha yang didirikan bisa berkembang dan tidak mengalami kebangkrutan. Biasanya SDM yang rendah itulah yang menyebabkan kegagalan usaha sehingga manajemen SDM benar-benar harus ditingkatkan jika Anda menginginkan usaha Anda maju dan berkembang.

Manajemen sumber daya manusia pada dasarnya merupakan perencanaan, pengembangan, perbaikan atau evaluasi kinerja karyawan dengan tujuan efektivitas dan bersifat langsung pada semua karyawan.

Manajemen SDM ini terdiri dari perencanaan, pemilihan atau seleksi, pelatihan dan penilaian terhadap kinerja karyawan. UKM didirikan dengan modal yang pas-pasan bahkan ada pula modalnya dari pinjaman pihak ketiga. Karena usaha ini bersifat kecil-kecilan maka diperlukan manajemen SDM yang baik agar usaha bisa berkembang.

Tahap awal dari manajemen ini adalah perencanaan dimana UKM ini memerlukan pekerja dalam jumlah kecil atau banyak. Perencanaan tentang tenaga kerja ini terdiri dari berapa banyak pekerja yang dibutuhkan, apa saja yang akan mereka kerjakan atau pekerjaan apa yang akan mereka kuasai, struktur organisasi dalam perusahaan yang akan dibangun dan juga segala hal yang menyangkut ketenagakerjaan.

Bila Anda sudah merencanakan manajemen SDM untuk UKM yang akan Anda bangun, Anda bisa memilih atau menyeleksi tenaga kerja yang Anda butuhkan sesuai dengan stuktur organisasi yang sudah dibentuk.

Seleksi ini bukan hanya memudahkan pencarian tenaga kerja yang cocok namun dengan seleksi SDM Anda bisa menghindari tenaga kerja yang sia-sia. Untuk rekruitment karyawan Anda bisa memilih karyawan yang berpotensi dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Perlunya rekruitment karyawan sesuai dengan kebutuhan akan memperkecil biaya operasional perusahaan. Karena pekerja yang dipilih sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan sehingga biaya perusahaan bisa ditekan seminimal mungkin. Manajemen SDM ini difungsikan bukan hanya untuk jangka pendek namun jangka panjang pun perencanaan untuk rekruitment karyawan tetap harus dipertimbangkan untuk menggantikan karyawan yang tidak produktif lagi.

Setelah UKM Anda benar-benar mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa melakukan pengembangan, pelatihan dan evaluasi hasil kerja karyawan tersebut.

Manajemen SDM sangat dipengaruhi oleh kinerja karyawan dalam jangka waktu beberapa lama untuk menentukan baik tidaknya pekerjaan mereka. Sebelum mereka bekerja, mereka harus mendapatkan pelatihan tentang apa yang akan mereka kerjakan. Baik bagi pimpinan perusahaan maupun karyawan manajemen SDM untuk UMK ini sangat bermanfaat ketika banyak persaingan usaha kecil dan menengah.

Semua aspek yang menyangkut karyawan harus dipahami dengan cermat. Setelah beberapa periode, Penilaian Karyawan sangat diperlukan untuk mengetahui bagaimana kinerja mereka.

LPK Sarana Abadi Sejahtera, membantu membenahi & meningkatkan kualitas SDM  dengan program sbb:
1. Konseling karyawan
2. Training
3. Administrasi HRD & GA

Khusus Training ada 8 materi
1. Etika Kerja
2. Teamwork
3. Customer Servicenya
4. Komunikasi Skill
5. K3
6. 5R
7. – Leadership
– Motivasi
– Coaching

Hubungi :
Gusrini Mustafa : 0813 1601 7644

Share this...
Print this page
Print
Categorised in: ,

No comment for Manajemen SDM dan Strategi Pengembangan SDM untuk UKM

Leave a Reply