Menu Click to open Menus
Home » Berita » Cinta, Kasih Sayang dan Tanggung Jawab Kunci Keluarga Samara

Cinta, Kasih Sayang dan Tanggung Jawab Kunci Keluarga Samara

(1056 Views) September 14, 2015 8:31 am | Published by | No comment

Cinta, Kasih Sayang dan Tanggung Jawab Kunci Keluarga Samara

aaseminar

Cikarang, Publikjurnalistik – Cinta, kasih sayang dan tanggung jawab merupakan kunci keluarga Sakinah Mawaddah Waromah ( Samara ). Hal ini disampaikan oleh Ustad Bambang Setiawan dalam acara kajian bulanan yang diadakan di Thariq Bin Ziyad Cikarang, Bekasi, Ahad ( 13/ 9 / 2015 ).

“Pondasi keluarga adalah dengan cinta, saling menyayangi dan tanggung jawab. Ketiga hal tersebut kunci keluarga Samara,” ujar Bambang Setiawan.

Di awal pernikahan terasa semuanya indah, itu karena cinta.beberapa tahun cinta berkurang, tetapi masih ada kasih sayang, dimana sudah ada anak. Suami bertanggung jawab dalam menafkahi. Istri pun dengan kesetiannya melayani anggota keluarga, begitulah cerminan keluarga yang Samara.

Bambang Setiawan yang juga Ketua Rumah Keluarga Indonesia ( RUKI ) Bekasi menambahkan kita harus tahu pola emosional pasangan masing masing. Ada 3 sifat emosional dalam kehidupan, yaitu Ego parenting yang cenderung menasehati, Ego Adult yang penuh pertimbangan dan data, serta Ego Child dimana sifat seperti anak-anak.

Perilaku berkomunikasi ditentukan oleh ego state, bukan pemberian Allah swt, sehingga bisa kita rubah agar menjadi keluarga Samara, maka pola komunikasi harus seimbang. Misal, saat pasangan kita berkomunikasi dengan Ego dewasa, maka jawaban kita juga Ego dewasa. Harus sama antara ego yang disampaikan pertama oleh pasangan kita.

“Untuk menciptakan komunikasi harmonis, maka selain ego diatas, kita juga harus punya daya feeling, thinking dan melihat body language pasangan kita,” pungkasnya. (zae)

Share this...
Print this page
Print
Tags: , ,
Categorised in: ,

No comment for Cinta, Kasih Sayang dan Tanggung Jawab Kunci Keluarga Samara

Leave a Reply