Menu Click to open Menus
Home » Berita » Mau Tetap Gowes Saat Puasa? Ini Tipsnya!

Mau Tetap Gowes Saat Puasa? Ini Tipsnya!

(705 Views) December 25, 2015 5:05 am | Published by | Comments Off on Mau Tetap Gowes Saat Puasa? Ini Tipsnya!

bersepeda

AKTIVITAS bersepeda atau gowes sekarang ini mulai kembali menghiasi jalan-jalan di perkotaan. Setelah sekian lama sempat tergeser keberadaannya akibat tergerus laju pertumbuhan jaman, kini bersepeda kembali diminati karena efeknya terhadap kesehatan, kebugaran, dan tentunya ramah lingkungan.  Saat ini banyak orang yang pergi beraktivitas seperti kuliah, ke tempat kerja atau tempat-tempat lainnya, lebih memilih bersepeda daripada angkot atau kendaraan bermotor. Bahkan banyak kalangan yang telah membentuk wadah perkumpulan (komunitas) yang mewadahi para pecinta sepeda (biker lovers) diluar padatnya hiruk-pikuk kesibukannya sehari-hari.

Dewasa ini, gowes tidak hanya dijadikan sebagai sekadar hobi, tapi juga sebagai salah satu alternatif terapi untuk menyehatkan tubuh sekaligus program kebugaran. Gowes oleh beberapa kalangan sering dilakukan sebagai program diet atau kecantikan. Mengapa demikian?

Dengan mengayuh dalam jarak beberapa kilometer saja, tubuh sudah mulai bereaksi dengan mengeluarkan keringat, karena pada saat mengayuh pedal sepeda, tubuh menghasilkan panas dari dalam sehingga lemak dalam tubuh termetabolisme. Selain itu adrenalin di dalam tubuh pun juga ikut terpompa. Apabila dalam sebulan kita bersepeda secara secara intens, kita dapat merasakan tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Dengan badan yang bugar, radikal bebas di udara dan air yang kualitasnya menurun, terutama di kawasan industri dan padat penduduk seperti Cikarang Bekasi, juga akan ditangkal oleh imunitas tubuh kita.

Lalu, bagaimana jika kita ingin tetap bersepeda selama bulan puasa Ramadhan ini? Bagi sobat maniak gowes tentu tidak ingin meninggalkan aktivitas bersepeda secara total, bukan?

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Umat muslim di seluruh dunia berlomba-lomba memperbanyak amalan, seperti: menahan lapar dan haus, sholat tarawih, membaca Al-Qur’an dan Hadits, dan memperbanyak shodaqoh serta amalan lainnya. Buat sobat yang maniak biking, tentu perlu penyesuaian fisik dan waktu bersepeda selama puasa. Harapannya, puasa ramadhan dan amalannya tidak terganggu, namun tubuh tetap sehat dan bugar untuk menjalani dan mendukung segala aktivitas di bulan Ramadhan ini dengan maksimal.

Agar aktivitas bersepeda tetap dilakukan saat bulan puasa, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Biasanya kita menjalani aktivitas gowes pada pagi hari, selama bulan puasa kita bisa menggeser waktu gowes tersebut, misalnya sekitar pukul 15.30-17.00 WIB. Hal ini bertujuan menghindarkan kita dari kelelahan atau dehidrasi karena teriknya sinar matahari. Jarak tempuh maksimal dianjurkan sejauh 8-15 km, dengan waktu tempuh 45-90 menit. So, bersepedalah dengan santai. Kecepatan cukup sekitar 10-15 Km/Jam. Bersepeda pada Sabtu atau Minggu juga dirasa sudah cukup untuk menjaga kebugaran. Untuk mengakomodasi waktu yang molor karena gowes santai, alokasikan waktu yang sedikit lebih lama.

Setelah merencanakan rute dengan matang, usahakan untuk gowes dalam format berkelompok, tentunya ini akan lebih seru dan memotivasi, bisa jadi lelah yang sebenarnya mendera justru tertutupi oleh asyiknya ‘riung’ gowes bersama rekan. Bisa juga dengan merancang acara sesuai kondisi Ramadhan, misalnya ‘Gowes Bareng- Buka Puasa Bareng’, seru ‘kan?. Tambahan pula, aktivitas bersepeda perlu ditunjang kondisi tubuh yang prima, hal ini akan diperoleh jika asupan dan pola makan diperhatikan. Sejatinya pada bulan Ramadhan, mengenai waktu makan, kita hanya  menggeser waktu sarapan dan –mungkin- makan siang. Finally, mengingat betapa pentingnya ‘sarapan’ maka jangan lewatkan makan sahur dengan menu yang bergizi. Hal ini juga berlaku untuk menu berbuka.

Tips-tips bersepeda saat puasa tersebut disarikan dari pengalaman pribadi dan hasil sharing beberapa rekan maniak biking. InsyaAllah jika menjalankan tips ini dengan dasar niat puasa sebagai ibadah dan niat gowes untuk kesehatan, keduanya akan berjalan seiring dan berpahala tentunya. So, Happy bicycle guys! Make you’re an exstraordinary adventure everyday! (Ahmadun)

Categorised in:

Comment Closed: Mau Tetap Gowes Saat Puasa? Ini Tipsnya!

Sorry, comment are closed for this post.