Menu Click to open Menus
Home » Tulisan Lepas » Hipnoterapi Komunikasi Pikiran Bawah Sadar

Hipnoterapi Komunikasi Pikiran Bawah Sadar

(447 Views) May 22, 2017 6:40 pm | Published by | 1 Comment

Hipnoterapi Komunikasi Pikiran Bawah Sadar
Oleh. I Hartaman

Acara televisi yang menayangkan seseorang dihipnosis dan kemudian berbicara semaunya dan terkadang tidak etis dan kurang layak untuk dilihat umum itu bukanlah hipnoterapi,melainkan scenario dengan kemasan yang sesuai sehingga dapat menarik penonton,yang dilakukan namanya stage hypnosis dengan catatan apabila yang melakukan adalah orang yang berkemampuan melakukan hypnosis (hipnotis). Hal berbeda lagi dengan banyak kasus hipnotis yang mencuat dan seringkali dilakukan untuk kejahatan di jalan,mall,tempat umum lainnya,tiba tiba seseorang menepuk dan mengajak bicara ataupun bertanya akhirnya secara tidak sadar korban memberikan hartanya yang dibawa saat itu perhiasan ,jam tangan, uang dll dilakukan tidak dengan hypnosis tetapi memakai ilmu gendam dengan bantuan makhluk lain.

Hipnoterapi adalah ilmu pengetahuan yang dapat dipelajari dalam kelas seperti mempelajari psikologi bukan ilmu yang mengandung mistis serta hal hal yang diluar nalar manusia. Ini adalah ilmu komunikasi dan pikiran yang ditujukan untuk terapi pengobatan berbagai masalah yang disebabkan oleh pikiran.Ilmu yang sudah diakui didunia sebagai salah satu metode pengobatan,tentu apabila dilakukan oleh orang yang kompeten ,cakap dan handal serta mempunyai perasaan yang welas asih. Seorang hipnoterapis yang baik harus mempunyai pendidikan yang cukup dan mempunyai mental matang agar mampu mengendalikan emosi dengan baik.

Pada prakteknya hipnoterapi dilakukan dengan membuat orangnya (klien) dalam kondisi hypnosis yaitu dengan satu teknik membawa klien menjadi sangat rileks keadaan seperti tidur tetapi dapat melakukan komunikasi/berbicara dengan terapisnya. Kondisi ini diperlukan untuk membantu klien mencari akar permasalahan, dimana pada saat itu klien akan mengalami kondisi daya ingat yang sangat tinggi dan hipnoterapis sebagai navigator/pengarah klien. Klien adalah pengendali untuk menemukan penyebab masalah maka klien sebenarnya dalam kondisi sangat sadar dengan apa yang didengar dan dilakukan.
Apakah hypnosis dapat dilakukan pada semua orang?

Pada prinsipnya Bisa dengan syarat persetujuan,maksudnya hypnosis hanya bisa dilakukan dan terjadi kepada orang yang telah setuju untuk dihipnosis. Itulah sebabnya mengapa kejadian di tempat umum pada umumnya bukan hypnosis. Ketakutan akan terapi dengan hypnosis disebabkan pemahaman yang salah akan arti hipnoterapi dengan menyerap informasi dari media atau mendengar dari orang yang kurang paham.Umumnya proses pengobatan/terapi mempunyai aturan kode etik begitu pola hipnoterapi walaupun di Indonesia belum mempunyai wadah formal tetapi secara komunitas diberlakukan aturan aturan yang ketat.

Terapi yang dilakukan bertujuan untuk membantu klien mencari akar permasalahan dengan dilanjutkan melakukan terapi penyelesaian/pengobatannya. Untuk menangani masalah pikiran dan mental sangat diperlukan kehati hatian navigator dalam pengarahan menuju sasaran yang dimaksud navigatornya adalah hipnoterapis, agar tidak terjadi kesalahan mendapatkan akar masalah.Terkadang masalah yang terjadi dibentuk oleh bermacam kejadian dimasa lalu maka kejelian hipnoterapis akan diuji untuk menentukan ibu dari masalahnya agar dapat terselesaikan.
Tujuan hidup kita adalah kebahagiaan dan banyak orang salah memahaminya sehingga mencari kebahagiaan kemana mana keluar sana,sesungguhnya kebahagiaan ada dalam diri sendiri yaitu dalam pikiran. Kebahagiaan bisa disebabkan hal sederhana bisa tidur malam,terlepas dari takut cecak,atau bisa makan daging ayam itu semua adalah merupakan karunia yang besar dan sangat membahagiakan untuk sebagian orang yang sebelumnya bermasalah dengan pikiran. Hipnoterapi membantu mengatasi masalah pikiran kesehatan, menemukan jodoh,memiliki anak, bisnis, karier, ekonomi, percintaan, sosial, spiritual, relasional, pengembangan diri dan lain-lain.

Usaha manusia untuk mencapai kebahagian dengan berbagai cara termasuk hipnoterapi adalah bentuk usaha pemahaman akan dunia pikiran yang masih sangat sedikit informasinya dan semoga dengan mengetahuinya kita semakin taat kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

I.Hartaman adalah hipnoterapis aktif bersertifikat C.Ht setelah menyelesaikan pendidikan di Adi W Gunawan Institute Mind of Technologi dan pada saat ini masih aktif memimpin sebuah perusahaan Jepang di Cikarang.
Http://www.ihartaman.com

Categorised in:

1 Comment for Hipnoterapi Komunikasi Pikiran Bawah Sadar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *