Menu Click to open Menus
Home » Tulisan Lepas » Tradisi Pengajian Yasinan Bangun Ukhuwah

Tradisi Pengajian Yasinan Bangun Ukhuwah

(932 Views) April 13, 2017 11:34 pm | Published by | No comment

Sejak saya SMP dulu tahun 1983 pengajian Yasin door to door sudah digelar. Visi dan misinya terutama dalam upaya merajut ukhuwah dibingkai dengan pengajian. Subhanallah.

Begitu juga yang telah dilaksanakan pada malam Jumat 13 April 2017, acara bernuansa ibadah ini tetap digelar dengan khidmat. Diawali sambutan shahibul bait oleh Komarudin, menyampaikan bahwa malam ini sangat bersyukur hampir 95 prosen peserta pengajian hadir. Ini merupakan karunia yang tak terhingga.

Kemudian acara dilanjutkan dengan tahlil, doa bersama dan pembacaan Yasin berjamaah dikomandoi oleh Ahmad Baihaqi. Dengan harapan, doa yang dioersembahkan untuk orang tua dan kaum muslimin diqobul oleh Allah SWT.

Sebagaimana biasa, acara yang sudah mentradisi ini, ditutup dengan taushiyah malam ini oleh Wahyudin, NS. Dalam taushiyahnya, seorang guru yang asli dari Kampung Kalenderwak ini mengingatkan tentang menjaga keseimbangan hidup. Orang yang bahagia, yang selalu menjaga keseimbangan antara kehidupan duniawi dan ukhrowi. Dengan gaya taushiyah “sambil ngobrol” diungkapkan, kehidupan akhirat harus diprioritaskan karena akan kekal abadi.

Walau demikian, kita tetap berkewajiban berikhtiar untuk kesejahteraan hidup di dunia. Bukankah hidup di dunia butuh materi? Seperti jariyah harus memiliki uang. Mencari ilmu harus ada biaya dan lainnya.

Pengajian ini berakhir pkl.21.30 bertempat di Kp. Kalenderwak RT.04/ 01 Desa Karang Sari Kec. Cikarang Timur jamaahnya sekitar masjid Al-Inabah. Dengan harapan, pengajian ini terus dipertahankan secara turun temurun hingga akhir zaman, sehingga ukhuwwah Islamiyah tetap terpelihara dan peningkatan wawasan keagamaan terus diupayakan.

Semoga Allah SWT memberkahi.
Wallahu ‘Alam.

(Why.NS)

Share this...
Print this page
Print
Tags:
Categorised in:

No comment for Tradisi Pengajian Yasinan Bangun Ukhuwah

Leave a Reply