Menu Click to open Menus
Home » Tulisan Lepas » Mahalnya Shalat Subuh

Mahalnya Shalat Subuh

(654 Views) March 23, 2017 8:02 am | Published by | No comment

Mahalnya Shalat Subuh

Hujan gerimis di pagi Kamis, 23 Maret 2017. Saya bergegas menuju masjid Al Inabah Kalenderwak Desa Karang Sari Cikarang Timur. Sebagaimana biasa adzan berkumandang membangunkan masyarakat muslim untuk melepaskan selimut hangatnya. Subhanallah memang sangat berat untuk menunaikan shalat subuh berjamaah. Membutuhkan jihad luar biasa, niat yang kuat karena penuh misteri.

Mengapa demikian? Sebenarnya setiap muslim sangat memahami keistimewaan shalat berjamaah. Disamping mendapat fadhilah 27 derajat juga dalam konteks kesehatan memiliki hikmah luar biasa. Secara umum ada beberapa hal mengapa di setiap musholla dan masid sangat kurang peminat untuk menunaikan shalat subuh berjamaah.

Pertama, kurangnya ghirroh dan niat yang kuat untuk melawan kemalasan dan keculasan sehingga dari hari ke hari shalat subuh dikerjakan di rumah.
Kedua, banyak orang yang setiap malam tidurnya larut sehingga setia pagi selalu bangun kesiangan. Apabila bangun kesiangan dalam seminggu hanya satu kali itu masih wajar. Namun ketika bangun kesiangan setiap pagi, sangat tidak logis dan tidak wajar.
Ketiga, sudah kita maklum bahwa syetan selalu menggoda dan menghembuskan kenikmatan di saat tidur sehingga dari waktu ke waktu banyak umat Islam yang terbuai mimpi.

Subhanallah semoga evaluasi dan curhatan saya di pagi ini membangkitkan spirit, sehingga musholla dan masjid di mana pun berada dibanjiri dengan shalat berjamaah. Bukankah kekuatan Islam diantara indikatornya melalui shalat berjamaah? Di sisi lain sebagai bentuk memakmurkan masjid. Jangan sampai masjid mentereng dan kokoh di mana-mana tetapi kering dari pemberdayaannya.
Sering kita dengar sebuah guyonan “lelaki shalih shalat berjamaah di masjid, lelaki shalihah shalat di rumah”.Kita berharap ke depan, timbul keasadaran masyarakat untuk memakmurkan masjid dengan merapatkan barisan dalam shalat berjamaah terutama shalat subuh. Mari move on mulai saat ini, jangan menunggu esok atau lusa. Apakah menunggu saat kita sakit atau ajal menjelang? Wys

 

 

Share this...
Print this page
Print
Tags:
Categorised in:

No comment for Mahalnya Shalat Subuh

Leave a Reply