Menu Click to open Menus
Home » Berita » Rumah Zakat Bantu Sarana Air Bersih Di Desa Bojongsari

Rumah Zakat Bantu Sarana Air Bersih Di Desa Bojongsari

(312 Views) March 17, 2017 8:05 am | Published by | No comment

PANGANDARAN. Desa Bojongsari, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran mendapatkan bantuan renovasi MCK dari Rumah Zakat yang bekerja sama dengan kitabisa.com.

Desa Bojongsari, khususnya dusun Cipari merupakan daerah rawan kekeringan, namun di sekitar MCK ini ada sumur galian yang hampir tidak pernah surut kendati di musim kemarau. Namun kondisi MCK ini sudah tidak memenuhi standar Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Lokasi MCK ini berada di atas tanah wakaf milik Bapak Misjar (68) yang merelakan MCK yang dibangun di atas tanahnya dipergunakan untuk umum. “MCK ini sudah 45 tahunan lebih tidak pernah diperbaiki. Alhamdulillah kini Rumah Zakat bersedia membangun MCK untuk umum ini, saya merelakan, dan memang dari dulu dipergunakan untuk umum, karena airnya pun tidak surut”, ujarnya.

Menurut tokoh setempat, Bapak Tarso (45) MCK ini biasa dipergunakan untuk 27 KK, saat kemarau tiba MCK ini sering dimanfaatkan untuk 1 RT. Selain itu airnya juga dipergunakan untuk mengairi tempat wudhu di masjid sekitar. Kebanyakan MCK umum di wilayah Desa Bojongsari berada di tengah perkebunan, karena lokasi itulah yang banyak mengandung sumber air. Apalagi ketika musim kemarau tiba.

Renovasi MCK sudah dimulai sejak hari Minggu (12/03) lalu dengan mempekerjakan warga lokal di sana. Selain proses renovasi bangunan juga dipasang mesin penyedot air, dengan tujuan disamping untuk kegiatan MCK itu sendiri maka sekalian agar dapat mendorong air tersebut untuk mengisi bak tempat wudhu. Saat ini proses pembangunan sudah sampai tahap pemasangan dinding. Diperkirakan bangunan ini selesai dalam 3 hari ke depan.

“Memang permasalahan di desa kami ini adalah masalah tempat MCK, di beberapa lokasi lainpun ada MCK umum yang masih memprihatinkan, desa belum bisa mengalokasikan untuk MCK karena masih diprioritaskan untuk perbaikan jalan yang kondisinya tidak layak untuk menjalankan roda perekonomian masyarakat.” ujar pak Dato (46) selaku Kepala Desa Bojongsari. “….kami haturkan terima kasih kepada donator Rumah Zakat yang selalu membantu sarana umum bagi warga kami….”, lanjutnya.

Categorised in:

No comment for Rumah Zakat Bantu Sarana Air Bersih Di Desa Bojongsari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *