Menu Click to open Menus
Home » Berita » Bank Sampah Sempu Binaan Rumah Zakat Panen Perdana Ecobrick

Bank Sampah Sempu Binaan Rumah Zakat Panen Perdana Ecobrick

(1262 Views) March 6, 2017 12:42 pm | Published by | No comment

Bank Sampah Sempu Binaan Rumah Zakat Panen Perdana Ecobrick

Masalah sampah plastik menjadi pekerjaan rumah yang sangat sulit ditangani di daerah perkotaan. Namun demikian, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menekan permasalahan sampah  plastik adalah dengan Ecobrik, yaitu bata yang ramah lingkungan.

Ecobrick dibuat dengan cara memasukan plastik-plastik bekas yang tidak laku dijual kedalam botol bekas hingga padat dan botol menjadi keras. Proses membuat ecobrick agar dapat dimanfaatkan memang tidak sebentar, dibutuhkan waktu dan sampah plastik yang tidak sedikit. Namun perlu proses untuk membuat Ecobrick, itulah yang menjadi tantangan. Karya seni yang berkelas tidak dapat dibuat dalam waktu yang sebentar. Oleh karena itulah ecobrick adalah seni pengolahan sampah  plastik.

Team bank sampah beserta para nasabah Bank Sampah Sempu dalam acara Panen Perdana Ecobrick yang berlangsung di Halmaan Masjid Mujahidin Kawasan Industri Jababeka Kp. Sempu RT. 04/04 Desa Pasir Gombong, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jum’at (03/03), Ketua Bank Sampah Sempu  (BSS) Rodinatun menjelaskan memang membutuhkan waktu lama Ecobrik ini untuk mengasilkan karya seni seperti Kursi, meja, diding dan lain-lain, maka dibutuhkan sosialisasi kemasyarakat agar masyarakat turut serta dalam penanganan sampah plastik ini.

Rodinatun menambahkan, dengan adanya Bank Sampah Sempu  melalui Sodaqoh Sampah  Ecobrik tersebut, setelah terkumpul banyak rencananya pada Desember 2017 akan mendirikan Rumah Plastik Ramah Lingkungan.

Acara Panen perdana Ecobrik ini selain dihadiri warga yang tergabung menjadi  Nasabah bank Sampah Sempu, turut hadir juga  ibu Satih selaku Pembina Bank Sampah Sempu, Dalam pesannya beliau menyampaikan “kita semua ini penduli terhadap lingkungan ada dua keuntungan yang kita dapatkan pertama lingkungan kita sehat, bersih, asri dan bebas penyakit, keuntungan kedua adalah kita selaku pelopor kebersihan akan Allah catat semua amalan kita menjadi pahala yang berlipat ganda karena kita sudah mengajak warga untuk sadar terhadap linggkungan sehingga lingkungan kita bersih, sehat dan asri.”

“Menurut saya memanfaatkan  sampah menjadi Ecobrik ini sangat bagus sekali, Sebelumnya saya hanya mengumpulkan sampah Plastik yang bisa dijual aja yang lainnya dibuang, padahal sampah yang tidak bisa dijual kemudian dibuang itu sangat merugikan lingkungan kita, Alhamdulillah setelah saya tau manfaat Ecobrik saya kumpulkan sampah plastik yang tidak bisa dijual dan saya masukan kedalam botol bekas kemudian saya tambung di bang Sampah Sempu,” ujar ibu yanih salah seorang Nasabah Bank Sampah Sempu memberikan testimoni. (hafidz/mk)

Share this...
Print this page
Print
Categorised in:

No comment for Bank Sampah Sempu Binaan Rumah Zakat Panen Perdana Ecobrick

Leave a Reply