Menu Click to open Menus
Home » Berita » Bank Sampah Sempu Binaan Rumah Zakat Sosialisasikan ECOBRICK

Bank Sampah Sempu Binaan Rumah Zakat Sosialisasikan ECOBRICK

(435 Views) March 2, 2017 12:58 pm | Published by | No comment

IMG-20170302-WA0042

CIKARANG. Tim Bank Sampah Sempu binaan Rumah Zakat sosialisasikan Ecobrick ke warga Kampung Sempu RT. 04/04 Desa Pasir Gombong, Kecamatan Cikarang Utara, Bekasi. Jum’at (24/02/17).

Sampah plastik masih menjadi permasalahan di tengah-tengah masyarakat, kurangnya kesadaran dan pengetahuan tentang manfaat dan  bahayanya sampah plastik bagi kehidupan manusia dan lingkungan sekitar, sehingga sudah tidak aneh lagi banyak sampah-sampah plastik berserakan dimana-mana.

Plastik merupakan molekul poliester yang sulit diurai oleh tanah secara alami. Oleh karena itu dibutuhkan campur tangan manusia untuk mengolahnya. Cara mengolah plastik yang terbaik adalah dengan cara mendaur ulangnya. Banyak cara untuk mendaur ulang plastik. Salah satu cara adalah dengan membuat plastik tersebut menjadi Ecobrick.

IMG-20170302-WA0041

Ecobrick adalah bata yang ramah lingkungan. Ecobrick dibuat dengan cara memasukan plastik-plastik bekas kedalam botol bekas hingga padat dan botol menjadi keras. Proses membuat ecobrick agar dapat dimanfaatkan memang tidak sebentar. Dibutuhkan waktu dan material plastik yang tidak sedikit. Namun perlu proses untuk membuat itulah yang menjadi tantangan. Karya seni yang berkelas tidak dapat dibuat dalam waktu yang sebentar. Oleh karena itulah ecobrick adalah seni pengolahan plastik yang berkelas.

Sosisialisasi Ecobrick dihadiri 30 peserta, dalam kesempatan ini Ketua Bank Sampah Sempu Ibu Rodinatun menyampaikan bahaya plastik dan manfaat plastik Ecobrick.  “Ecobrick tidak dapat mengurangi jumlah sampah, namun dengan membuat ecobrick plastik bekas dapat diubah menjadi sesuatu benda yang lebih bermanfaat. Oleh karena itu penggunaan plastik perlu dikurangi agar jumlah plastik tidak terus meningkat. Jumlah plastik yang terus meningkat tentunya juga akan menambah masalah pada lingkungan. Lingkungan yang bermasalah juga secara otomatis akan berpengaruh terhadap organisme yang berkaitan, termasuk manusia itu sendiri.” Rodinatun.

Share this...
Print this page
Print
Categorised in: ,

No comment for Bank Sampah Sempu Binaan Rumah Zakat Sosialisasikan ECOBRICK

Leave a Reply