Menu Click to open Menus
Home » Berita » 120 Orang Juru Parkir di Bekasi Selatan Dapatkan Pembekalan dan pelatihan

120 Orang Juru Parkir di Bekasi Selatan Dapatkan Pembekalan dan pelatihan

(539 Views) March 1, 2017 10:20 pm | Published by | No comment

WhatsApp Image 2017-03-01 at 15.51.01

Bekasi – Para juru parkir di Bekasi Selatan pada Rabu (1/3) Pukul 08.30 WIB, di Pendopo Kecamatan Bekasi Selatan Dishub, mendapatkan rompi, topi serta peluit. Hal ini  bertujuan agar mereka bisa lebih tertata keberadaannya dan memiliki legalitas.

Kegiatan tersebut terselenggara berkat sinergitas 3 pilar antara lain pihak Kecamatan, Polsek dan Koramil Bekasi Selatan dengan tujuan  guna menghindari terjadinya pungutan liar, aksi premanisme serta meminimalisasi penyelewengan dana pendapatan daerah.

Sebanyak 120 orang juru parkir dari beberapa titik ruang parkir di  Bekasi Selatan diberikan pembekalan dan pelatihan tentang fungsi dan peranan juru parkir bagi masyarakat dan Pemerintah.

Pengertian secara umum tugas dari  juru parkir adalah membantu mengatur penertiban kendaraan yang keluar masuk  di mana hal itu merupakan pelayanan terhadap masyarakat.

Juru parkir juga berperan membantu meningkatkan pendapatan daerah dengan cara menarik retribusi parkir yang sudah di tentukan oleh Perda yang berlaku dengan cara cara pelaporan satu pintu yang di kelola oleh unit UPTD Pendapatan tingkat kecamatan

Dengan adanya program pembekalan pengetahuan dan pembinaan  terhadap para juru parkir yang dilaksanakan oleh Pihak Kepolisian dan TNI di harapkan mereka dapat melayani masyarakat dengan baik

Untuk melegalkan tugas yang diemban oleh juru parkir, maka mereka juga dibekali surat perintah tugas berdasarkan Instruksi Walikota nomor 974 /128/tu tentang pelaksanaan pemungutan retribusi parkir.  Surat perintah tugas  ditandatangani oleh Kepala Badan Pendapatan  Daerah (Bapenda) bertujuan agar mereka mempunyai kekuatan hukum yang tentunya  juga mereka harus  memiliki  pengetahuan tentang standard keamanan di lapangan karena mereka nantinya akan menghadapi berbagai karakter manusia yang berbeda. Tidak menutup kemungkinan bahaya pun selalu ada di sekitar mereka.

Dengan ada pemberian seragam berupa rompi, topi serta peluit tentunya mempunyai tujuan agar lebih mudah diawasi demi keamanan bersama.

Sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana menyatakan
rencana pihaknya akan membenahi seluruh parkir liar di kota Bekasi sebagai upaya untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) yang ditargetkan sebesar 6,9 milyar tahun 2017 ini. Untuk merealisasikan hal tersebut Yayan akan memaksimalkan seluruh lahan lahan parkir liar yang belum tergarap untuk diambil alih oleh pemerintah daerah.

“Tentunya kita akan berkoordinasi dengan Bapenda, Kepolisian, Satpol PP, yang jelas semua titik titik parkir harus ada pemasukan kepada kas daerah. Kalo tidak ada pemasukan kas daerah berartikan mereka parkir liar, karena parkir itu yang menyelenggarakan harus pemerintah dan pemerintahlah yang memiliki kewenangan untuk memungut uang parkir,” tukasnya. (dns)

Share this...
Print this page
Print
Categorised in:

No comment for 120 Orang Juru Parkir di Bekasi Selatan Dapatkan Pembekalan dan pelatihan

Leave a Reply