Menu Click to open Menus
Home » Annur Jurnalistik » Tips Merawat Ikan Cupang

Tips Merawat Ikan Cupang

(3590 Views) September 3, 2015 8:39 am | Published by | No comment

cupang-adu-betta-imbillis

Cikarang baru, Publikjurnalistik – Ikan hias merupakan jenis ikan yang dipelihara untuk tujuan memperindah suatu tempat, bukan untuk dikonsumsi. Ikan hias yang banyak digemari masyarakat, antara lain ikan mas koki(Carassius auratus), ikan cupang (betta splends), ikan diskas (symhysodono discus) dan ikan arwana (sclerophages formous). Namun pada artikel ini saya akan membahas tentang ikang cupang.

Menurut Anggy, peternak sekaligus penghobi cupang, ikan jenis ini memiliki bentuk badan yang memanjang dengan warna beraneka ragam. Komoditas ikan hias ini mempunyai nilai ekonomis tinggi.

Jenis ikan cupang terbagi menjadi dua, yaitu ikan cupang aduan & cupang hias. Cupang hias adu antara lain singapur, bagan & bangkok. Sedangkan cupang hias antara lain halfmoon, serit & plakat.

Berikut adalah tips merawat ikan cupang :

1. Siapkan wadah sebelum Anda membeli ikan cupang. Ambil ember kosong dan isi dengan air bersih. Diamkan beberapa saat hingga air memiliki temperatur sama dengan suhu kamar.

2. Tambahkan batuan dan tanaman palsu ke dalam wadah. Tuangkan air dari ember ke dalam wadah.

3. Periksa suhu air dengan termometer. Suhu harus berada antara 22 hingga 27 derajat Celsius.

4. Periksa perbedaan suhu air antara wadah di rumah dengan wadah dari penjual ikan cupang. Pastikan suhu air dari kedua wadah tidak terpaut jauh.

5. Pindahkan cupang ke wadah dengan hati-hati. Proses pemindahan yang tidak mulus akan membuat cupang menjadi stres.

6. Beri makan ikan cupang dengan pelet atau makanan kering. Cupang juga bisa diberi makan pakan hidup seperti jentik nyamuk dan cacing.

7. Bersihkan wadah cupang setidaknya sekali seminggu. Siapkan dahulu tempat penampungan cupang saat Anda membersihkan wadahnya.Pindahkan cupang ke wadah sementara menggunakan jaring ikan.

8. Cuci bagian dalam wadah secara menyeluruh dengan air hangat dan lap bersih dengan kain lembut. Cuci batuan dan tanaman palsu untuk menghilangkan kotoran dan lendir.

9. Tempatkan batu dan tanaman kembali ke dalam wadah. Isi ulang wadah dengan air bersih.

Jika perlu, diamkan air beberapa saat untuk mencapai suhu kamar. Pindahkan kembali cupang ke dalam wadah yang sudah dicuci dan diganti airnya.
Bila ingin memesan ikan cupang, bisa kontak :
WhatsApp : 0896-3059-2158 | Bbm : 53F86DDA  (anggy)

No comment for Tips Merawat Ikan Cupang

Leave a Reply