Menu Click to open Menus
Home » Berita » Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 5 dengan Metode Role Play

Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 5 dengan Metode Role Play

(531 Views) February 13, 2017 9:17 pm | Published by | No comment

Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 5 dengan Metode Role Play

Jakarta (13/2). Hari ini, Senin, 13 Februari 2017, siswa kelas 5 SD Juara Cakung melakukan pembelajaran bahasa Indonesia dengan metode role play. Adapun kompetensi dasarnya adalah siswa mampu menyampaikan pendapat tentang persoalan yang nyata.

Semula di pertemuan sebelumnya, perwakilan siswa membacakan percakapan dan memerankan pedagang Pasar Cisitu yang resah terhadap pembangunan mall di dekat Pasar Cisitu. Mereka khawatir, masyarakat akan lebih senang berbelanja di mall ketimbang belanja di pasar. Akhirnya, mereka melakukan diskusi.

Siswa-siswi dibagi menjadi 3 kelompok, yakni kelompok pedagang yang menolak pembangunan mall, kelompok developer yang menggagas pembangunan mall, dan kelompok pemerintah yang bersikap netral dan berusaha mencari solusi dari permasalahan tersebut. Tiap kelompok diberikan 3 buah pertanyaan yang berbeda dengan kelompok lain sesuai dng bidang mereka. Mereka mendiskusikan permasalahan tersebut dan mencari solusinya.

Tim pedagang berusaha mengunggulkan hadirnya pasar dan begitu penting peran pasar dalam keutuhan budaya lokal. Begitu juga tim developer yang menggagas pembangunan mall dan pembangunan mall tersebut dapat meningkatkan pendapatan negara dan menunjukkan kemajuan negara. Sementara, tim pemerintah berusaha mencari solusi yang netral.

Setelah diskusi kelompok selama 20 menit, siswa SD Juara Cakung melakukan role play berdemonstrasi di depan pemerintah. Renaldy memimpin orasi menolak penggusuran pasar dan pembangunan mall. Sementara Rozan sebagai Bapak Presiden menjawab orasi mereka dengan mengajak musyawarah.

“Pembelajarannya seru Bu,” ujar Cece saat guru bahasa Indonesia menanyakan di akhir pembelajaran.

Oleh karena waktu yang tidak cukup, maka pembelajaran dilanjutkan pada pertemuan selanjutnya yaitu tiap kelompok presentasi hasil diskusi kelompok. Tentunya akan dibagi, siapa yang menjadi moderator, notulen, dan narasumber. Diskusi panel inilah yang akan kami laksanakan di pertemuan selnjutnya.

Share this...
Print this page
Print
Categorised in: ,

No comment for Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 5 dengan Metode Role Play

Leave a Reply