Menu Click to open Menus
Home » Berita » Audiensi Forjas dan Muspida Masih Soal SKPD yang Alergi pada Jurnalis

Audiensi Forjas dan Muspida Masih Soal SKPD yang Alergi pada Jurnalis

(470 Views) December 26, 2016 5:49 pm | Published by | 1 Comment

Audiensi Forjas dan Muspida Masih Soal SKPD yang Alergi pada Jurnalis

Bekasi – Menjelang akhir tahun 2016, Forum Jurnalis Bekasi (Forjas) kembali menggelar kegiatan dalam rangka membangun sinergitas kelembagaan dengan Pemerintah Kota Bekasi, Sabtu (24/12) malam di Hotel Santika Premiere Harapan Indah, Medan Satria. Bekasi Utara, Jawa Barat.

Sedikitnya 28 perwakilan media lokal dan nasional baik online, radio, televisi serta harian hadir dalam kesempatan itu, sedangkan dari unsur Muspida hadir juga Walikota Bekasi Rahmat Effendi yang didampingi Sekretaris Daerah Kota Bekasi, Rayendra Sukarmadji, Kepala Bappeda, Jumhana Lutfi, Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Air, Tri Adhianto, Kabag Humas Pemkot Bekasi, Muhammad Jufri, Camat Medan Satria, Taufiq Rachmat Hidayat.

Dalam kesempatan audiensi tersebut Ketua Forjas, Bayu Samudra mengungkapkan bahwa sinergitas antar lembaga merupakan pokok penting yang harus dilakukan dalam rangka mengembangkan organisasi.
Kehadiran Walikota beserta jajarannya,  menurut Bayu bukan sebagai ajang pembuktian terhadap keberadaan Forjas. Melainkan sebagai bentuk kewajiban yang seyogyanya dilakukan oleh kepala daerah dalam membangun sinergi yang bertujuan untuk kemajuan Kota Bekasi.

“Kita butuh pemerintah sebagai objek pemberitaan dan pemerintah butuh media sebagai jembatan informasi kepada masyarakat. Simbiosis multualisme ini harus terjaga dengan baik agar terciptanya berita yang berimbang dan mengedukasi masyarakat,” ujar Bayu dalam sambutannya.

Sebagai kota metropolitan, Kotamadya Bekasi yang pertumbuhan infrastruktur serta perekonomiannya berkembang pesat tidak lepas dari peran dan kerjasama semua pihak, salah satunya adalah media yang senantiasa komitmen mengkritisi segala kebijakan pelayanan pemerintah serta memberikan informasi yang mencerdaskan masyarakat kota Bekasi.

Melalui momentum ini, Bayu meminta secara tegas kepada Walikota agar menginstruksikan jajarannya untuk mempermudah kerja-kerja jurnalis dengan memberikan akses informasi yang akurat.

“Banyak keluhan yang dialami awak media setiap kali menjalankan tugas peliputan, diantaranya kepala SKPD yang enggan diwawancarai atau bahkan menghindar. Ini kan tidak bagus untuk pemerintah sendiri yang tengah gencar melaksanakan program pembangunan,” imbuhnya.

Bayu menambahkan bahwa Forjas akan tetap kritis dan melakukan kontrol sosial terhadap kinerja Pemerintah Kota Bekasi.

“Sinergi tetap dibangun tanpa mengurangi daya kritis dan kontrol sosial. Namun tema Forjas sesuai dengan komitmennya yakni membangun bangsa yang cerdas melalui pemberitaan yang berimbang dan bernilai edukasi,” tandasnya.

Sementara, Walikota Bekasi Rahmat Effendi mengapresiasi atas undangan yang diberikan oleh Forjas. Dalam kesempatan itu Rahmat Effendi mengatakan peran media sangat strategis terhadap sebuah daerah yang tengah tumbuh pesat seperti Kota Bekasi.
Forjas yang menaungi puluhan jurnalis dari berbagai media, ia rasakan berkontribusi besar dalam setiap program yang dijalankan pihaknya, seperti menyampaikan berita tentang kinerja SKPD serta mengkritisi kebijakan yang ditetapkan.

“Saya selaku kepala daerah sangat berterimakasih kepada Forjas yang selalu kritis dan objektif terhadap kinerja yang kami lakukan. Tentu kemajuan Kota Bekasi tidak lepas dari peran media,” ujar Walikota yang akrab dipanggil Bang Pepen.

Dalam kesempatan itu ia memaparkan bahwa kemajuan Kota Bekasi dalam berbagai aspek, adalah wujud keberhasilan pemerintah dalam menjalankan program sesuai dengan RPJMD Tahun 2013-2018 yang telah melebihi target. Diantara keberhasilan tersebut menurutnya terdapat peran media.
Pepen berharap agar sinergitas yang positif ini terus terjaga dengan baik,

“Jika sudah baik kenapa tidak diteruskan sinergitas ini. Apalagi masyarakat sangat butuh informasi yang bersifat konstruktif. Mari bersama-sama mewujudkan Kota Bekasi yang maju, sejahtera dan ihsan,” tutupnya. (dns)

Share this...
Print this page
Print
Categorised in:

1 Comment for Audiensi Forjas dan Muspida Masih Soal SKPD yang Alergi pada Jurnalis

Leave a Reply