Menu Click to open Menus
Home » Berita » Tagihan Listrik Membengkak? Ini Solusinya

Tagihan Listrik Membengkak? Ini Solusinya

(1957 Views) August 24, 2015 11:51 am | Published by | No comment

 

HEMATCikarang, Publikjurnalistik – Pemanas salah satu alat yang menyumbang 15-25 % tagihan listrik di rumah. Hal ini disampaikan, Ridwan Setiawan dalam pelatihan listrik di Puri Cikarang Hijau, Karangasih, Cikarang Utara, Bekasi pada Minggu ( 23/8/ 2015 ).

“Budaya orang Indonesia tidak hemat, sehingga peralatan pemanas listrik dirumah tangga tidak terkontrol, sehingga tagihan membengkak, ” Ujar Ridwan Setiawan yang masih bekerja di bidang listrik pada Perusahaan Home dan Skin Care terkenal di kawasan Jababeka, Cikarang.

Pemanas memerlukan energi yang stabil, saat memasak, menyetrika ,serta nyala dispenser dengan daya 350 Volt. Hal ini menjadikan warga sadar bahwa energi kita atur seperlunya.

Berikut contoh hitungan sederhananya, misal dispenser nyolok terus terus 300 watt selama 10 jam, perhitungnnya ( 0.3 KWH X 10 X 30 hari), berarti besaran rupiahnya, 90 KWH x 10 jam, maka biaya listik Rp 90.000/ bulan.

Wow, terus bagaimana solusinya? Untuk dispenser, sebaiknya tidak. colok terus, atau merebus air panas dengan kompor.

Untuk penggunakan Air Conditionar, pastikan di range suhu 25-27 derajat. Kulkas sebaiknya di isi penuh akan lebih hemat, karena area pendinginan lebih sedikit.

Colokan TV dilepas, karena ada beban 5 Watt. Semoga bermanfaat dan terapkan dirumah. (zae)

Share this...
Print this page
Print
Tags:
Categorised in: , , ,

No comment for Tagihan Listrik Membengkak? Ini Solusinya

Leave a Reply