Menu Click to open Menus
Home » Edukasi » Over Protective Salah Satu Kesalahan Dalam Mendidik Anak

Over Protective Salah Satu Kesalahan Dalam Mendidik Anak

(1084 Views) August 18, 2015 10:45 pm | Published by | No comment

2014042917295436557

Dulu ketika baru punya anak pertama, aku sangat protec dalam mendidik anak. Maklum selain belum pengalaman dalam mendidik anak juga karena 4 tahun menikah, aku baru dikaruniai seorang anak.

Saking sayangnya aku benar2 memerankan sebagai ibu yang siaga.

Aku rela capek dengan menjaganya mengiringi setiap gerak geriknya.  Hal itu aku lakukan karena mempunyai rasa kekhawatiran tinggi takut jatuh , sakit dsb.

Usia 1.5 th putriku belum bisa jalan. Aku sangat khawatir, padahal saat usia 9 bulan dia sudah bisa rambatan.

Akhirnya ketika di Jakarta aku konsultasi ke dokter anak perihal tersebut.

Putriku diperiksa kaki dan seluruh tubuhnya ternyata kata dokter tidak ada masalah semuanya normal. Hanya satu pertanyaan dokter kepada saya “apa reaksi ibu ketika anak ibu jatuh” langsung saya jawab “menjerit”. Kemudian dokter langsung berkata” itulah penyebabnya, karena ibu terlalu khawatir menyebabkan dia jadi takut juga”.

Ketika saya balik lagi ke Ambon, ternyata kerusuhan kedua terjadi. Kami saat itu harus mengungsi. Di halaman pengungsian aku melatih putriku jalan, alhamdulillah dia langsung dapat lancar berjalan tanpa jatuh bangun. Betapa gembiranya aku , ternyata selama ini dia sebenarnya sudah bisa tapi karena selalu saya pegang kemana dia bergerak sehingga menghambat kebebasannya untuk mengekspresikan kemampuannya.

Ternyata benar bahwa dalam mengasuh anak  kitapun juga harus tahu, bagaimana pola asuh yang baik untuk proses tumbuh kembang anak kita.

Sayang kepada anak bukan berarti harus over protective. Kita sayang dengan senantiasa  memberikan keleluasaan kepada anak untuk mengembangkan potensinya dengan tidak terlalu mengkhawatirkannya, walaupun kita juga harus selalu waspada dalam mengawasinya. (ratih)

Share this...
Print this page
Print
Categorised in: ,

No comment for Over Protective Salah Satu Kesalahan Dalam Mendidik Anak

Leave a Reply