Menu Click to open Menus
Home » Berita » Gandeng Pemkab Garut, RZ Bangun Rumah Korban Banjir Bandang

Gandeng Pemkab Garut, RZ Bangun Rumah Korban Banjir Bandang

(309 Views) November 3, 2016 8:13 am | Published by | No comment

WhatsApp Image 2016-11-02 at 11.19.24

Dengan menggandeng Pemerintah Kabupaten Garut, RZ merealisasi pembangunan 10 rumah khusus yang diperuntukkan bagi warga korban banjir bandang pada September 2016 lalu. Lokasi yang digunakan untuk pembangunan rumah tersebut berada di Blok Pananggungan Kel. Lengkong Jaya Kec. Karangpawitan, yang berjarak 3 km dari lokasi bencana.

“Tujuan dari program ini adalah menyediakan perumahan layak huni bagi warga yang menjadi korban banjir bandang. Sebab, banyak warga yang rumahnya hancur akibat dari bencana tersebut, sehingga kini mereka terpaksa mengungsi di rumah saudara, tetangga, dan kerabat lainnya,” tutur CEO RZ Nur Efendi dalam kegiatan peletakan batu pertama Rumah Relokasi Korban Banjir Garut di Kp. Pananggungan Kel Lengkong Jaya Kec. Karangpawitan, Rabu (02/11).

Proses pembangunan rumah dengan luas bangunan 36 m2 dan lahan 60 m2 itu diprediksi akan selesai akhir tahun 2016. Sehingga tahun depan, para korban bencana banjir bandang dapat menempati rumah khusus yang berdiri di atas lahan milik Pemkab Garut tersebut. “Mengenai 10 Kepala Keluarga yang akan menempati 10 rumah ini ditentukan oleh pihak Pemkab. Sebab mereka yang lebih mengetahui siapa saja yang lebih berhak untuk menerima bantuan ini,” ungkap Nur Efendi.

Menurut Nur Efendi dengan adanya program ini, Pemkab Garut berharap lingkungan perumahan di sekitar kawasan kota dapat tertata dan terjaganya keseimbangannya, adanya peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta peningkatan produktivitas. “Niat baik dari Pemkab Garut ini pastinya harus didukung karena memang sejalan dengan misi RZ yakni memberdayakan masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Dukungan dan Donasi Masyarakat untuk Aksi Peduli Bencana

Sejak hari pertamaa terjadinya banjir bandang di Kabupaten Garut, RZ menginisiasi program Aksi Peduli Bencana sesuai dengan prioritas dan kebutuhan korban dan masyarakat terdampak secara umum. “Rangkaian program Aksi Peduli Bencana ini dimulai dari menerjunkan para relawan untuk evakuasi, distribusi 15.000 nasi bungkus, 3.000 kornet Superqurban, 1.500 paket sanitasi, serta pemeriksaan kesehatan dan posko siaga selama periode tanggap bencana,” ujar Nur Efendi.

“Atas dukungan dan donasi dari berbagai donatur dan mitra, RZ juga melaksanakan aksi recovery seperti pembersihan lingkungan dan 500 rumah warga, selain itu juga telah dilakukan pengecatan rumah dan berbagai fasilitas umum. Pembangunan rumah relokasi di Blok Pananggugan ini pun menjadi bagian pendistribusian bantuan bagi korban banjir,” papar Nur Efendi. Ia juga menyampaikan

bahwa RZ akan senantiasa berkolaborasi dengan donatur, mitra, dan berbagai pihak terkait lainnya untuk memastikan proyek pembangunan rumah relokasi ini dapat berjalan sesuai rencana.***

Tags: , , ,
Categorised in: ,

No comment for Gandeng Pemkab Garut, RZ Bangun Rumah Korban Banjir Bandang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'