Menu Click to open Menus
Home » Berita » Gawat! Di Kabupaten Bekasi, 7 Orang Mati Bunuh Diri dalam 7 Bulan

Gawat! Di Kabupaten Bekasi, 7 Orang Mati Bunuh Diri dalam 7 Bulan

(1083 Views) August 14, 2016 8:36 pm | Published by | No comment

Gawat! Di Kabupaten Bekasi, 7 Orang Mati Bunuh Diri dalam 7 Bulan

suicide_2439218f

Jumlah kasus bunuh diri di Kabupaten Bekasi sangat mengkawatirkan. Berdasarkan catatan Bekasi Institute, periode Januari-Juli 2016 menyebutkan ada 7 orang yang menjadi korban bunuh diri. Papar Hamdi, Direktur Bekasi Institute

“Ada 7 orang korban bunuh diri kurun waktu Januari-Juli baik dengan cara gantung diri, minum racun sampai menembakan peluruh panas kekepalanya. Ini artinya rata-rata satu orang tiap bulan dan tentu ini harus menjadi perhatian serius untuk masyarakat Bekasi secara umum dan khususnya bagi pemerintah daerah ”.

Saat disinggung wilayah kecamatan mana yang paling banyak terjadi kasus bunuh diri, Hamdi menjelaskan, dari tujuh korban gantung diri empat orang tinggal di Kecamatan Cikarang Pusat. “dari tujuh orang korban, empat orang tinggal di Cikarang Pusat, Kecamatan Serang Baru satu orang, Cikarang Utara satu orang dan satu orang lagi dari Pasir Sari Cikarang Selatan” Paparnya.

Sementara ditanya motif apa yang paling banyak melatarbelakangi korban melakukan bunuh diri, Hamdi tidak menjelaskan secara detail “data yang kami miliki bentuknya global tapi kan secara umum orang melakukan bunuh diri tidak lepas dari beberapa problem umum, seperti pekerjaan dan finansial, masalah keluarga, penyakit dan percintaan”.

Jadi, sambung Hamdi, tekanan dan problem itu kan seperti rem pada kendaraan. Jika ditekan terus menerus, rem bisa menipis. Demikian juga mental seseorang, jika tekanan terus menerus dan bertubi-tubi, serta keputusasaan yang menumpuk, hal ini bisa mengikis kesanggupan sistem mental seseorang untuk menahan dorongan bunuh diri.” Ujarnya.

Hamdi meminta kepada pemerintah Kabupaten Bekasi agar hadir dalam kehidupan masyarakat baik dengan pendekatan agama untuk menguatkan keyakinan masyarakat bahwa bunuh diri adalah perbuatan yang dilarang Tuhan dan tidak menyelesaikan persoalan juga, kata Hamdi lagi pemerintah menyelesaikan persoalan-persoalan lain seperti kemiskinan dan pendidikan. “tingkatkan kualitas pendidikan dan ekonomi masyarakat. Peran serta masyarakat juga sangat penting”. Demikian papar Hamdi

Share this...
Print this page
Print
Categorised in:

No comment for Gawat! Di Kabupaten Bekasi, 7 Orang Mati Bunuh Diri dalam 7 Bulan

Leave a Reply