Menu Click to open Menus
Home » Berita » Carica dan Purwaceng Oleh-Oleh Khas Dieng

Carica dan Purwaceng Oleh-Oleh Khas Dieng

(1300 Views) July 11, 2016 4:34 pm | Published by | No comment

Carica dan Purwaceng Oleh-Oleh Khas Dieng

Carica dan Purwaceng Oleh-Oleh Khas DiengCarica dan Purwaceng Oleh-Oleh Khas Dieng

Berkunjung ke pegunungan Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah kurang lengkap jika tidak membawa oleh-oleh khas Dieng,Carica dan Purwaceng.

Carica adalah semacam buah pepaya. Dari bentuk pohonnya sampai buah dan bijinya hampir mirip, inilah tanaman buah ciri khas yang ada di Dieng.

Proses pembuatan carica, kulit dan biji dibuang, lalu sari air yang daging buah dikemas dalam kemasan cup kecil sekitar 100 ml.

Rasa daging buah carica lembut seperti buah pepaya, serta airnya yang khas seperti sari buah mangga menambah nikmat jika dihidangkan dalam kondisi dingin.

Selain Carica, ada satu lagi oleh-oleh khas Dieng yaitu minuman stamina untuk pria dan wanita.

Purwaceng adalah sejenis tanaman seperti teh. Daunnya ditumbuk seperti teh tubruk, berkhasiat menambah stamina.

Menurut warga Dieng, Purwaceng jika di konsumsi murni tanpa campuran susu, ataupun kopi akan memberikan manfaat yang lebih bagus dibanding dengan ginseng.

Agar rasanya tidak pahit, bisa ditambahkan gula putih. Takarannya 1/4 sendok untuk satu gelas. Minuman tersebut sangat cocok dihidangkan hangat-hangat dengan suasana dingin ataupun hujan.

Jadi, jika berkunjung ke taman wisata pegunungan Dieng, pastikan kedua oleh-oleh tersebut anda beli. Harga yang relatif murah, untuk carica per cup berkisar Rp. 2.500-3.000, untuk Purwaceng murni per shachet Rp. 15.000.

Share this...
Print this page
Print
Tags:
Categorised in:

No comment for Carica dan Purwaceng Oleh-Oleh Khas Dieng

Leave a Reply