Menu Click to open Menus
Home » Tulisan Lepas » Di Bekasi, Pemudik Akan Lewati Jalan Tak Bertuan

Di Bekasi, Pemudik Akan Lewati Jalan Tak Bertuan

(714 Views) July 3, 2016 7:23 am | Published by | No comment

Di Bekasi, Pemudik Akan Lewati Jalan Tak Bertuan

Di Bekasi, Pemudik Akan Lewati Jalan Tak Bertuan

Beberapa waktu yang lalu ada kata kata yang membuat orang bekasi cukup panas kupingnya, mereka melecehkan bekasi seolah olah planet lain yang terpisah dengan bumi. Bukan bermaksud membuka luka lama, tapi perlu dipahami maksud itu semua.

Padahal kalau lebih didalami lagi itu adalah sebuah sindiran yang harus jadi introspeksi khususnya para pejabat pemerintahan baik kota maupun kabupaten bekasi hal ini karena terkait dengan infrakstruktur jalan yang berlubang dan sempit, angkutan umum yang semrawut,dan lain lain.

Di Kabupaten Bekasi sendiri ada satu jalan raya yang dibiarkan berlubang, bahkan bertahun tahun jalan itu rusak dan berlubang tanpa perhatian dari aparat pemerintahan.

Bagi anda yang pernah atau sering melawati jalan penghubung atau jalan arteri antara Pintu tol Cibitung Sampai dengan lampu merah cibitung, jalan Teuku Umar maka anda akan merasakan jalan seperti diplanet mars, penuh lubang dan gelombang. Sementara jalan yang sebaliknya juga tidak lebih baik.

Mereka yang tiap hari melewati jalan itu harus ekstra hati hati baik motor maupun mobil. Entah sudah berapa motor yang terjatuh melewati lubang itu. Untuk mobil mobil kecil mereka harus zig zag menghindari lubang cukup dalam. Sementara mobil truk, kontainer lebih mengerikan lagi, mereka berjalan miring karena jalan yang berlubang itu. Jalan itu menjadi horor tersendiri bagi pengguna jalan.

Beruntung untuk para pemudik tahun ini, Alhamdulillah pihak DPRD Kabupaten Bekasi tidak seperti biasanya mau sidak turun ke jalan meninjau jalan yang dilewati oleh arus mudik, senin (20/6). Di situlah ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Daris melihat kondisi jalan yang cukup parah.
Kata dia, kondisi jalan rusak berlubang itu tidak layak untuk dilalui sehingga perlu diperbaiki.

“Sangat urgent, harus di kerjakan karena H-7 ini harus sudah siap, dan harus ditindaklanjuti karena volume kendaraan sebagian besar dan juga kendaraan kontainer melintasi jalan ini, ditambah nanti jelang mudik lebaran jalan ini sudah sangat tidak layak kalau tidak diperbaiki, karena lubang yang ada bukan satu atau dua, tapi sepanjang jalan,” katanya.(pojokjabar, 20/6).

Dari hasil sidak ini terungkap status jalan yang rusak itu ternyata jalan yang tidak bertuan Karena setelah dicek oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bekasi, jalan tersebut bukan kewenangan pemerintah pusat, provinsi ataupun daerah.

“Jadi jalan itu tidak bertuan, kewenangannya juga tidak ada yang tahu, makanya kurang perawatan,” kata Kepala Dishub Kabupaten Bekasi, Suhup,(pojokjabar, 20/06).

Sungguh ironis, jalan yang selalu ramai dan tak pernah sepi 24 jam, karena akses menuju pintu tol jalur cikampek dan ke dalam kota jakarta, belum lagi akses menuju kawasan industri MM2100, sememtara dari arah tol truk truk sayur mayur setiap hari melintas menuju pasar induk cibitung, berarti ada perputaran dana disana,tapi jalan itu dibiarkan dan tidak dipedulikan walaupun rusak.

Bukan hal yang ane ketika diminta pertanggungjawaban, antara pusat,provinsi dan daerah mereka pasti akan saling lempar tanggungjawab. Ingat kasus misteri jalan yang hilang, proyek pembangunan under pass Tambun yang mangkrak mereka saling lempar tanggungjawab.

Walaupun penambalan jalan itu jauh dari sempurna karena hanya lubang lubang yang besar sementara lubang kecil dibiarkan padahal berpotensi menjadi lubang besar kembali, tapi setidaknya bisa mengurangi resiko terjadi kecelakaan khususnya bagi para pemudik.

Kita berharap pasca lebaran jalan ini akan mendapatkan perhatian kembali dari para pemangku kepentingan. Selamat jalan para pemudik,berhati hatilah semoga selamat sampai tujuan.

By : @sahabatbaik

Share this...
Print this page
Print
Tags: , ,
Categorised in:

No comment for Di Bekasi, Pemudik Akan Lewati Jalan Tak Bertuan

Leave a Reply