Uniknya Tradisi Mudik di Indonesia

amudikPublikjurnalistik – Tiap tahun menjelang Idul Fitri  di Indonesia yg penduduknya hidup diperantauan sebagian besar akan melakukan tradisi ini yaitu mudik.

Termasuk saya kebetulan mertua tinggal di Klaten, maka kebiasaan mudik menjadi suatu keharusan.

Tujuan utama ingin membahagiakan mertua karena kedua orang tua saya sudah tidak ada. Satu-satunya orang tua yang tersisa tinggal ibu mertua karena bapak mertua jg sudah tidak ada.

Di sepanjang perjalanan walaupun kondisi macet , tapi saya melihat wajah  mereka yang mudik memancarkan kebahagiaan karena ingin berjumpa dengan orang-orang yang dicintai di kampung halaman.

Agenda mudik yang menjadi kebiasaan yang membuat kita bahagia adalah bertemu dgn orang tua, saudara, keluarga yang dekat maupun yang jauh. Dan juga membuat kita bahagia adalah kalau kita bisa berbagi rezeki  dengan orang lain .

Sehingga sepertinya sangat jarang terjadi kalau uang THR tersisa. Tapi yang perlu kita akui walaupun mudik capek, mengeluarkan uang banyak dan sebagainya, tapi itu semua terbayar dgn kebahagiaan yang kita dapatkan.

Sehingga mudik menjadi moment yang sangat dirindukan dan istilahnya tidak ada yang kapok untuk mudik lagi. Semoga  tahun depan bisa mudik dan mudik lagi.(ratih)