Majelis Taklim Banin Aflah PCH Adakan Pelatihan Janaiz

Majelis Taklim Banin Aflah PCH Adakan Pelatihan Janaiz

Reporter :Zae

Cikarang,Publikjurnalistik – Majelis Taklim Banin Aflah Perumahan Puri Cikarang Hijau, Desa Karangasih, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi mengadakan pelatihan janaiz (mengurus mayit) pada Sabtu (14/5).

Majelis Taklim Banin Aflah PCH Adakan Pelatihan Janaiz

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dalam penanganan jenazah, dari awal memandikan sampai proses mengakafani.

” Kewajiban kita sebagai umat muslim dengan sesama muslim lainnya, jika ada yang meninggal harus segera menangani jenazah sampai nanti di kuburkan, ” ujar trainer pelatihan Janaiz, Sri Suharni.

Sebelum praktek, Sri Suharni yang sudah lebih 7 tahun sebagai Amil jenazah memberikan pemahanan terlebih dahulu tentang ringkasan hukum-hukum jenazah sesuai sunah Rasulullah yang juga terdapat di kitab Ahkaamul Janaaiz Wa Bid’auhaa karya Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani.

Selanjutnya peserta diajarkan praktek langsung cara memotong kain kafan sesuai ukuran jenazahnya dan cara mengkafani. Kain yang di potong untuk perempuan lapis tujuh, membuat jilbab dari kain mori ( untuk jenazah perempuan), tali untuk mengikat.

Warga yang hadir berjumlah 18 orang antusias dalam mengikuti pelatihan tersebut dan sekaligus team inti praktek langsung.

Harapannya setelah pelatihan ini, Ibu-ibu Majelis Taklim Banin Aflah siap bertugas jika ada yang meninggal Ibu Ibu atau anak-anak di lingkungan perumahan. (zae)