Menu Click to open Menus
Home » Berita » Telat Perpanjang SIM Satu Hari, Prosesnya Seperti Buat Baru

Telat Perpanjang SIM Satu Hari, Prosesnya Seperti Buat Baru

(1202 Views) May 11, 2016 10:52 am | Published by | No comment

Telat Perpanjang SIM Satu Hari, Prosesnya Seperti Buat Baru

Cikarang, Publikjurnalistik, – Telat memperpanjang Surat Ijin Mengemudi (SIM) satu hari, maka prosesnya seperti membuat SIM baru.

image

Hal ini berdasarkan Perkap Kapolri no 09 tahun 2012 pasal 28 ayat (3) tentang perpanjangan SIM dan Surat telegram Kapolri nomor ST / 985 / IV / 2016 tangal 20 April 2016 huruf BBB point 3 bahwa untuk SIM yang telah lewat masa berlakunya walaupun 1 hari tidak dapat diperpanjang, SIM dapat diberlakukan kembali dengan melaksanakan proses penerbitan SIM baru sesuai dengan golongan SIM.

Eko salah seorang pembuat SIM A di Kantor pembuat SIM pada Sabtu (7/5) Di Daan Mogot, Jakarta Barat bercerita bahwa informasi diatas betul.

” Kalau sudah expired harus buat baru, hal ini saya tanyakan ke polisi yang bertugas di kantor pelayanan SIM Daan Mogot, dan info dari petugas polisi benar seperti itu, ” ujarnya melalui pesan singkat di group what up kafe.

Dikutip dari media online PRFM Bandung, Briptu Ardianto Purwanto Petugas SIMOBO, membenarkan hal tersebut.

Lebih lanjut Briptu Ardianto mengaku pihaknya baru Minggu (8/5) menerima perubahan peraturan ini. Terkait sosilaisasi hal ini pihaknya menyatakan masih kurang dan hanya beberapa pihak internal saja yang mengetahui perubahan aturan ini.

Dengan demikian misalkan SIM habis pada tanggal 09 Mei 2016 maka tidak bisa diperpanjang pada tanggal 10 Mei 2016. Harus kembali melalui proses penerbitan SIM seperti baru, untuk menghindari terjadinya masa habis pada hari libur maka dianjurkan 14 hari sebelum masa habis sudah mengajukan permohonan perpanjang SIM. (zae)

Share this...
Print this page
Print
Categorised in:

No comment for Telat Perpanjang SIM Satu Hari, Prosesnya Seperti Buat Baru

Leave a Reply