Duka dan Bahaya Longsor Masih Menyelimuti Banjar

Duka dan Bahaya Longsor Masih Menyelimuti Banjar

Reporter : Mamet

Duka dan Bahaya Longsor Masih Menyelimuti Banjar

Cikarang, Publikjurnalistik – Bencana longsor yang menimpa desa Clapar Banjarnegara sepertinya masih belum habis (29/3) Jam 15.00wib, pergerakan tanah masih terjadi di titik utama longsor, jarak luncuran terpantau 3-4m selama sore hingga siang ini.

Diperkirakan area terdampak longsor 8 hentar terdapat lahan pertanian beruapa salak, durian, kelapa, dan pohon kayu2.  Terpantau visual rekahan di atas pegunungan. Hasil tim geolagi sementara untuk daerah rt 2 rw 1, rt 5 rw 1, rt 1 rw 1 dan sebagian rt 3 rw 1. warga di rt tersebut di dihimbau untuk mengungsi sementara karena zona rawan bencana.

Disamping itu warga sekitar dihimbau bila terjadi hujan lebat untuk segera mengungsi ke titik yg tlh ditentukan ( pos pengungsian). Rumah rusak berat menjadi 17 unit, rusak ringan 2 unit, terancam longsor langsung 7 unit . Untuk  jumlah pengungsi masih 267 jiwa / 73 kk. Hingga hari ini.

lebih dari 700 orang warga dari desa tetangga bergotong royong membuat jalur alternatif dari desa Larangan ke desa Plipiran akan tetapi belum bisa di tembuskan karena masih harus menggunakan alat berat dan di kaji oleh tim teknis.

“Saat ini kami fokus  Membantu mengevakuasi warga memindah kan barang2 terutama yg berada di rt 5 & 1,” ujar Dika relawan Rumah Zakat

Dia juga menambahkan untuk pelayanan kesehatan selama 3 hari dilaporkan dari dinas kesehatan banjarnegara bahwa terdapat 136 org yg melakukan pemeriksaan kesehatan di pos medis. Sebagaian pasien sakit ispa, hipertensi, miacgia dan lain-lain.

Adapun beberapa pekerjaan yang harus segara di selesaikan diantaranya :
1. Memperbaiki dan membuat jalur alternatif yg melewati hutan di atas punggungan TKP longsor bersama TNI, relawan dan masyarakat.
2. Penambahan pemasangan MCK darurat (portabel)
3. Distribusi logistik kepada para pengungsi berupa bahan makanan dll.
4.Membantu mengangkut anak dan guru sekolah dengan armada dari BPBD, TNI, dan masyarakat.

Saat ini kondisi wilayah Desa Clapar hujan ringan. Dan terpantau visual masih terjadi gerakan tanah pelan. DUMP. (Posko Aju BPBD Banjarnegara)