Menu Click to open Menus
Home » Berita » Aher: Citarum Bestari Salah Satu Program Solusi Cegah Banjir

Aher: Citarum Bestari Salah Satu Program Solusi Cegah Banjir

(712 Views) March 29, 2016 5:20 pm | Published by | No comment

Aher: Citarum Bestari Salah Satu Program Solusi Cegah Banjir

Reporter : zaenuri

e06da1d0-dc20-4f39-8edd-646975936b44

Citarum Bestari salah satu program pencegahan solusi banjir. Program yang sudah dicanangkan sejak 2013, sekarang lebih digalakkan lagi oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heriyawan (Aher).

Rapat koordinasi dilakukan pada, Kamis(25/3) di Pangdam Tiga Siliwangi, Bandung, Jawa Barat bersama  Dansesko TNI, Pangdam 3 Siliwangi.

Jumat paginya (26/3), bersama Pangdam, DanSesko TNI, Wakil Wali Kota Bandung, Wakil Bupati Kabupaten Bandung, melakukan survey di beberapa titik sungai Citarum.

Rombongan mengunjungi pasar Kordon, melihat pasar dan bangunan rumah yg langsung nempel dengan sungai Cikapundung.

Kemudian menunjungi Cijagra, baru saja sehari dibersihkan, esoknya sampah sudah menumpuk lagi. Tumpukan sampah ditemukan juga di Jembatan Citepus, dan bertemu tim yang sedang melakukan pembersihan.

Kunjungan terakhir kita mengunjungi Jembatan BBS, Selacau KBB, masih ditemukan sampah, meski volumenya sudah jauh berkurang.

“Masalah utama yang kita hadapi adalah mengubah mental masyarakat kita supaya tidak membuang sampah atau limbah apapun ke sungai,” jelas Aher.

Aher menambahkan bahwa Pemerintahan Provinsi (Pemprov) terus melakukan kampanye dan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai.

Di kawasan hulu telah dan akan terus melakukan konservasi hutan, supaya tidak menyebabkan sedimentasi. Serta  terus mendorong para peternak untuk tidak membuang limbah ternak ke sungai, melainkam diolah menjadi biogas dan bioenergi.

Pemprov bersama ulama berusaha memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa mengotori sungai hukumnya harm, dan terus melakukan kampanye kepada pabrik-pabrik untuk mengelola limbahnya dengan baik.

Aher optimis dengan kebersamaan dan perubahan perilaku masyarakat, bisa  membuat Citarum kembali Bestari. (*/zae)

Share this...
Print this page
Print
Tags: ,
Categorised in:

No comment for Aher: Citarum Bestari Salah Satu Program Solusi Cegah Banjir

Leave a Reply