Menu Click to open Menus
Home » Opini » Asuransi Oh Asuransi

Asuransi Oh Asuransi

(804 Views) March 24, 2016 6:32 pm | Published by | No comment

Asuransi Oh Asuransi

Wacana Kritis Eko Jun 27

AsuransiOhAsuransi
Asuransi dijelaskan oleh agen dan marketingnya sebagai satu-satunya solusi untuk menjamin kehidupan di masa depan. Agen asuransi menihilkan semua cara untuk merancang masa depan gemilang. Semua dilawan dengan asumsi sakit, cacat hingga mati. Hanya asuransi yg bisa menjaminnya, bukan yg lain.

Asuransi ditawarkan dengan cara teror secara psikologis kepada masyarakat. Menghadirkan bayangan sisi gelap kehidupan dimasa depan dan dieksploitasi sedemikian rupa sehingga memunculkan ketakutan. Akhirnya, masyarakat pun terlena dengan solusi pasti dari pihak asuransi.

Padahal,…

Asuransi punya sisi gelap. Asuransi adalah cara orang kaya mengambil dana jangka panjang dari masyarakat. Nilainya tetap dan relatif besar. Aman digunakan untuk investasi, tanpa resiko diambil sebagaimana tabungan dan deposito.

Inilah rahasia group – group usaha besar biasanya mendirikan divisi asuransi. Divisi asuransi inilah yg akan menopang usahanya dengan cara mudah, murah dan praktis. Konsepnya sederhana saja, yakni BODOL. Yakni bekerja pakai duit orang lain.

Dulu ada mekanisme Jamkesmas dan Jamkesda, dimana pemerintah mengalokasikan dana sebagai jaminan biaya pengobatan bagi masyarakat tidak mampu. Sekarang, semua beralih ke BPJS. Semua wajib ikut, semua harus terdaftar dan yang paling penting semua harus membayar iuran. Dan, saat ini tengah direncanakan untuk menaikan jumlah iurannya. Padahal jeritan atas program BPJS datang dari banyak pihak, mulai dari tenaga medis, pihak rumah sakit hingga masyarakat.

Benarkah semua ini untuk menjamin biaya pengobatan masyarakat Indonesia? Dari pola bisnis asuransi yg berjalan selama ini, kami sih cenderung tidak percaya. Salut buat beberapa propinsi yang berani menyatakan sikap untuk “berhenti sementara” dari kepesertaan program BPJS. Semoga menginspirasi provinsi lainnya. (*)

Share this...
Print this page
Print
Tags: ,
Categorised in: ,

No comment for Asuransi Oh Asuransi

Leave a Reply