Menu Click to open Menus
Home » Berita » Program Desa Binaan PGN dan RZ Memulai Program Kebun Gizi

Program Desa Binaan PGN dan RZ Memulai Program Kebun Gizi

(912 Views) March 24, 2016 7:49 am | Published by | No comment

Program Desa Binaan PGN dan RZ Memulai Program Kebun Gizi

Reporter : Mukopin/Irwan

Program Desa Binaan PGN dan RZ Memulai Program Kebun Gizi

Cikarang, Publikjurnalistik.org- Salah satu program desa binaan Perusahaan Gas Negara (PGN) dan Rumah Zakat (RZ) yaitu program kebun gizi yang memulai program nya dengan mengadakan pelatihan hidroponik untuk warga sekitar wilayah binaan. Pelatihan ini diadakan di rumah Acih salah satu kader kebun gizi.

Hidroponik adalah tema yang di usung untuk program kebun gizi desa binaan PGN. Tujuan diadakan nya pelatihan ini adalah untuk mengenalkan hidroponik kepada ibu-ibu di wilayah binaan kp.Pasir Sari RT 14B/05 Desa Pasir Sari, Kecamatan Cikarang Selatan.

“Saya sangat senang sekali mengikuti pelatihan ini, karena saya penasaran dan tertarik mencoba menanam sayuran hidroponik dirumah yang katanya jauh lebih sehat dibandingkan sayuran yang di tanam petani di ladang” Ujar Rida salah satu peserta, Rabu(23/03).

“Apalagi hidroponik ini tidak mengandung pestisida, hanya menggunakan air yang sudah dicampur nutrisi” tambahnya kepada Publikjurnalistik.

Selain mendengarkan materi yang disampaikan, ibu-ibu juga di ajarkan praktek cara berkebun hidroponik mulai dari penyemaian bibit sampai memindahkan bibit yang sudah jadi kedalam netpot. Setelah selesai pelatihan para peserta di bekali sarana hidroponik untuk di praktekan di rumah berupa bibit yang sudah jadi dan nutrisi yang sudah di racik. Dalam beberapa hari kedepan akan di cek dan di evaluasi oleh fasilitator desa binaan PGN.

“Setelah beberapa hari kedepan akan saya lihat tanaman ibu-ibu apakah tumbuh dengan baik atau tidak” Kata Jumin fasilitator desa binaan PGN Cikarang..

Berkebun hidroponik tidak membutuhkan lahan yang luas, cukup memanfaatkan pekarangan rumah untuk berkebun. Urban farming hidroponik sangat cocok di Desa Pasir Sari, karna sudah menyempitnya lahan pertanian di desa ini yang banyak di bangun kawasan perindustrian. Para peserta pelatihan yang semuanya ibu-ibu sangat antusias mengikuti pelatihan dan mendengarkan dengan seksama serta menyimak apa yang di sampaikan pemateri. (irw)

Share this...
Print this page
Print
Tags:
Categorised in: ,

No comment for Program Desa Binaan PGN dan RZ Memulai Program Kebun Gizi

Leave a Reply