Menu Click to open Menus
Home » Edukasi » Waspadai Wabah Baru Yang Disebarkan Oleh Nyamuk

Waspadai Wabah Baru Yang Disebarkan Oleh Nyamuk

(931 Views) February 2, 2016 8:57 am | Published by | No comment

Waspadai Wabah Baru Yang Disebarkan Oleh Nyamuk

Publikjurnalistik – Saat ini wabah Zika telah menyebar terutama didaerah Amereka latin. Gejala hampir sama dengan demam berdarah yaitu panas Tinggi, Penularan melalui Nyamuk Aides.

Waspadai Wabah Baru Yang Disebarkan Oleh Nyamuk

Untuk pencegahan wabah Zika, Semprot kamar sebelum tidur baik malam atau siang hari, Jaga kebersihan lingkungan rumah, Jaga pertahanan tubuh serta makan minum yang bersih dan hindari minum es.

Zika adalah jenis virus baru, ditularkan melalui nyamuk. Orang yang terjangkit virus Zika akan merasakan gejala seperti sakit kepala, ruam di wajah, leher, lengan atas, mungkin juga menyebar ke telapak tangan dan kaki, demam dan nyeri punggung. Seperti gejala chikungunya dan demam berdarah.

Ibu hamil harus hati- hati, karena yang kena virus ini bayinya kena microcephaly ( mengecilnya lingkar kepala). Di Brazil dalam beberepa bulan saja sudah 3000 bayi lahir microcephaly. Buat ibunya cuma demam saja, tetapi birth defect buat janin

Belakangan dunia kesehatan Indonesia digegerkan oleh temuan yang diungkap oleh Dr. Herawati Sudoyo Ph.D, Deputi Direktur Eikjman Institute. Disampaikan bahwa lembaga kesehatan ini menemukan adanya kasus Zika Virus untuk pertama kalinya di Indonesia, tepatnya di kawasan Jambi pada awal semester tahun 2015 lalu.

Temuan ini cukup mengejutkan mengingat virus ini biasanya menjadi endemik kawasan Afrika dan area pasifik. Zika Virus ini terbilang jarang muncul di kawasan Asia Tenggara.

Zika Virus adalah virus yang proses penularannya melalui media nyamuk Aedes aegypti. Masih satu family dengan virus lain seperti virus penyebab penyakit demam berdarah, penyakit kuning, dan penyakit cikungunya.

Beberapa riset mengembangkan kecurigaan adanya kemungkinan penyebaran virus ini di luar media nyamuk, seperti melalui proses tranfusi darah dan hubungan seks. Meski dugaan ini belum bisa dibuktikan kebenarannya.

Virus ini pertama ini diidentifikasi pada tahun 1947 di negara Uganda. Temuan pertama kali dari kasus Zika Virus justru didapatkan dari kasus demam yang muncul pada kera asli endemik Uganda. Kemudian virus ini menjangkit manusia dan pernah menyerang sejumlah populasi manusia di kawasan Afrika secara meluas pada tahun 1954.

Dan kasus pertama dari penyakit yang disebabkan oleh Zika Virus di luar Afrika terjadi di Yap Island, sebuah pulau di kawasan Pasifik Mikronesia pada tahun 2007. Semenjak itu, kasus Zika Virus beberapa kali muncul dalam frekuensi yang tidak kuat di kawasan Pasifik. Di Asia Tenggara sendiri kasus ini masih terbilang sangat langka, Zika Virus pertama kali ditemukan di kawasan Indocina berdasarkan data WHO pada awal Juni 2015. (**/bw)

Share this...
Print this page
Print
Tags:
Categorised in: , ,

No comment for Waspadai Wabah Baru Yang Disebarkan Oleh Nyamuk

Leave a Reply