Menu Click to open Menus
Home » Edukasi » Bapak Televisi Dunia Kelahiran Skotlandia

Bapak Televisi Dunia Kelahiran Skotlandia

(1124 Views) January 26, 2016 10:18 am | Published by | No comment

Bapak Televisi Dunia Kelahiran Skotlandia

Bapak Televisi Dunia, John Logie Baird, lahir di Helensburgh, Skotlandia, 13 Agustus 1888, adalah penemu yang pertama kali menunjukkan bahwa citra visual bergerak dapat ditransmisikan pada perangkat televisi.

Bapak Televisi Dunia Kelahiran Skotlandia

Ia juga dikenal sebagai pioner utama dalam sejarah penemuan televisi berwarna yang dewasa ini mengalami kemajuan sangat pesat.

Hingga ia berusia 35 tahun, Baird hidup dalam kondisi serba kekurangan. Pada tahun 1923, ia mulai berusaha mengotak-atik mesin untuk mentransmisi gambar, sekaligus suara, lewat radio.

Tak lama kemudian ia berhasil mengirim citra kasar melewati transmiter tanpa-kabel ke pesawat penerima yang berjarak beberapa meter. Pada Januari 1925 dia mendemonstrasikan karya temuannya, televisi di depan umum di Royal Institute di London. Ini adalah peragaan televisi paling awal.

Pada tahun 1929, saluran BBC (British Broadcasting Corporation) melakukan siaran televisi perdana, menggunakan peralatan karya Baird.

Namun ketika itu ia belum memanfaatkan penggunaan tabung sinar-Katode, yang menjadi dasar televisi modern. Sehingga sistem buatannya kalah bersaing dengan sistem baru pada tahun 1933.

Baird meninggal di Bexhill-on-Sea, East Sussex, Inggris, 14 Juni 1946 pada umur 57 tahun. Saat ini hampir semua rumah memilii televisi, bentuk dan merknya pun bervariasi, bahkan jaman sekarang sudah tidak lagi menggunakan tabung melainkan LCD dan LED.

Sumber : wikipedia

Share this...
Print this page
Print
Tags: ,
Categorised in: ,

No comment for Bapak Televisi Dunia Kelahiran Skotlandia

Leave a Reply