Menu Click to open Menus
Home » Tips » Inilah Tips Sehat Makan Mie Instan

Inilah Tips Sehat Makan Mie Instan

(924 Views) December 23, 2015 7:27 pm | Published by | No comment

Inilah Tips Sehat Makan Mie Instan

Mie instan merupakan bagian dari junk food. Mie instan mengandung cukup tinggi karbohidrat dan juga lemak jenuh. Dalam mie instan tidak dilengkapi kandungan lain seperti serat, protein ataupun vitamin. Tentu saja ini membuat mie instan sangat tidak baik jika di konsumsi setiap hari. Kandungan sodium yang terlalu tinggi dan beresiko terjadinya kanker.

Inilah Tips Sehat Makan Mie Instan

Dalam mie instan terdapat lapisan lilin yang membuat mie tidak lengket dan tidak menggumpal. Lilin ini sangat sulit sekali dicerna oleh tubuh , setidaknya membutuhkan waktu 3 hari untuk mencerna dan membuang lilin ini. Jika  mengkonsumsi mie instan setiap hari, sudah dapat dibayangkan lilin tersebut pasti menumpuk di dalam tubuh kita.

Selain dilapisi lilin, bumbu pada mie instan banyak sekali mengandung MSG atau monosodium glutamat. Dua bahan ini diperkirakan dapat memicu timbulnya sel kanker.

Berikut Tips Sehat Makan Mie Instan :

Buat sobat yang gemar sekali makan mie instan, berikut ada beberapa tips yang bisa sobat lakukan untuk meminimalisir efek negatif dari mie instan tersebut, diantaranya:

1. Buang air rebusan pertama mie
Saat merebus mie, buang air yang pertama kali sobat gunakan untuk merebus. Saat merebus, lapisan lilin yang terkandung dalam mie tersebut sebagian besar akan larut bersama air. Oleh sebab itu saat sobat merebus mie kuah dari mie tersebut akan berwarna putih kekuningan sepertti warna mie. Hal ini akan membantu meminimalkan banyaknya lilin yang masuk dlm tubuh

2. Beri jeda waktu makan
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, lapisan lilin akan habis setelah kurun waktu sekitar 3 hari untuk dikeluarkan oleh tubuh. Maka dari itu sebaiknya kita tidak mengkonsumsi mie instan tersebut setiap hari. Beri jeda waktu minimal 3 hari.

3. Jangan campur bumbu saat dimasak

Saat memasak mie instan, jangan langsung mencampur bumbunya saat mie masih mendidih diatas nyala api. Hal ini tentu sangat salah. Dalam bumbu mie instan terdapat zat yang berbahaya jika ikut dimasak. Campurkan bumbu saat mie sudah diturunkan dari api. Di cara penyajian yang terdapat di bungkus mie pun sudah menunjukkan bahwa bumbu ditaruh di mangkuk baru kemudian di beri mie. Bukan bumbu di masak bersama mie.
Mie harus dikunyah sebelum di telan. Mie susah di cerna. Kesalahan terbesar adl tidak cukup mengunyah malah langsung menelan mie hangat2. Mie bisa menyumbat usus bila dimakan berlebihan tanpa betul2 mengunyah dulu.
Sumber : Google

Tags: ,
Categorised in: ,

No comment for Inilah Tips Sehat Makan Mie Instan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'