Menu Click to open Menus
Home » Berita » Bank Sampah Hijau Asih Cikarang Berinovasi Membuat Dompet Dari Kantong Plastik

Bank Sampah Hijau Asih Cikarang Berinovasi Membuat Dompet Dari Kantong Plastik

(991 Views) December 21, 2015 2:06 pm | Published by | No comment

Bank Sampah Hijau Asih Cikarang Berinovasi Membuat Dompet Dari Kantong Plastik

Cikarang, Publikujrnalistik,- Bank Sampah Hijau Asih Cikarang, Kabupaten Bekasi berinovasi membuat dompet dari kantong plastik bekas. Kegiatan ini dilakukan setelah sebulan yang lalu mendapatkan pelatihan dari Pusat Pengembangan Teknologi dan Lingkungan Hidup (P2LTH) Pemda Kabupaten Bekasi.

dompet

Bank sampah yang berlokasi di Perumahan Puri Lintas Asih, Karangasih, Cikarang Utara ini sudah memiliki lebih dari 30 nasabah. Sekarang mulai berinovasi membuat dompet dari kantong bekas.

” Membuat dompet dari kantong plastik memerlukan ketekunan, memotong plastiknya jangan sampai terputus, ” Ungkap Ibu Karyadi salah seorang pengurus Bank Sampah Hijau Asih.

Satu dompet kecil bisa menggunakan 11 kantong plastik dengan warna yang berbeda-beda agar terlihat menarik.
Ibu Karyadi juga menambahkan cara membuat dompet ini dengan cara memotong ujung pegangannya serta bagian baawah sehingga terbentuk seperti bujur sangkar. Lalu dipotong, tetapi masih disisakan 10 cm, membentuk seperti rumbai-rumbai.

Setelah jadi seperti rumbai, lalu gunting miring pojokannya, jangan sampai putus dan terbentuklah memanjang. Plastik tersebut lalu disongket agar kuat dan dianyam, mengikuti pola dompet.

Inovasi Bank Sampah Hijau Asih ini dilakukan sebagai bentuk peduli lingkungan dan juga nantinya bernilai ekonomis. Misal dengan dibuatkannya dompet dalam skala besar untuk souvenir-souvenir dan cenderamata pernikahan.(Zae)

Share this...
Print this page
Print

No comment for Bank Sampah Hijau Asih Cikarang Berinovasi Membuat Dompet Dari Kantong Plastik

Leave a Reply