Menu Click to open Menus
Home » Berita » Kenapa Mesin Kendaraan Anda Bisa Mati Jika Menerobos Palang Perlintasan Rel Kereta Api?

Kenapa Mesin Kendaraan Anda Bisa Mati Jika Menerobos Palang Perlintasan Rel Kereta Api?

(1259 Views) December 11, 2015 12:41 am | Published by | No comment

Kenapa Mesin Kendaraan Anda Bisa Mati Jika Menerobos Palang Perlintasan Rel Kereta Api?

Publikjurnalistik- Seringkita kita melihat kejadian dan mendengarkan berita, bahwa kecelakaan antara kendaraan yang menerobos palang pintu perlintaan rel Kereta Api (KA), hasil investigasinya mesin mati, sehingga saat Kereta Api lewat tertabrak.

foto kompasFoto :Kompasia

Berikut ini adalah penjelasan teknis dari Bagas Senoadji, Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Dinas Perhubungan terkait hal diatas :

Dilokomotif ada boggie (roda kereta) dimana komponen utamanya adalah dinamo, di dalam dinamo ada unsur magnit yang cukup besar, jika lokomotif seri CC berarti ada 3 rangkaian boggie (6 buah dinamo besar). Hal ini berdampak pada rel yang terbuat dari baja dapat menghantarkan medan magnet sejauh 1KM dari lokomotif.
Saat kendaraan bermotor melintasi rel KA biasanya menggunakan kecepatan rendah, apabila pengendara tidak memindahkan gigi mesin yang lebih rendah maka putaran mesin dinamo kendaraan bermotor dan koil yang ada, dapat seketika mati akibat faktor medan magnit boggie KA yang di hantarkan oleh rel KA.

Oleh karena itu petugas penjaga perlintasan KA selalu menutup pintu perlintasan sebelum KA mendekati perlintasan (berjarak -+ 3 Km). Bila ada pengemudi tetap menerobos/melintasi rel KA yg berjarak kurang dari 1 KM akan mengakibatkan mesin dinamo dan koil mobil yang sudah lemah dapat mati.
Bila hal ini terjadi segera keluar dari mobil anda, karena mesin mobil akan susah untuk di stater kembali. Bukan karena perlintasannya angker .

Maka di sarankan jangan melintasi rel KA bila sudah terlihat KA walaupun masih berjarak 1 KM dari perlintasan sebidang demi keselamatan anda. Ingat KA tidak bisa mengerem mendadak karena roda dan rel terbuat dair baja sehingga tidak ada friksi, rata rata KA akan berhenti sejauh 800 M setelah di rem

Bagas Senoadji menghimbau agar kita berhenti ketika palang kereta / sirine bunyi. Jangan menerobos, sudah banyak fakta kejadian, sayangilah nyawa kita, terpenting selamat sampai tujuan. Semoga hal ini bisa membantu memberikan kedasaran kepada masyarakat untuk mematuhi tata tertib, tidak menerobos palang pintu KA. (Zae)

Share this...
Print this page
Print
Tags: ,
Categorised in: ,

No comment for Kenapa Mesin Kendaraan Anda Bisa Mati Jika Menerobos Palang Perlintasan Rel Kereta Api?

Leave a Reply