Menu Click to open Menus
Home » Tips » Tips Agar Anak Sholat Sejak Usia Dini

Tips Agar Anak Sholat Sejak Usia Dini

(1656 Views) December 8, 2015 10:00 am | Published by | No comment

Tips Agar Anak Sholat Sejak Usia Dini

Cikarang, Publikjurnalistik- Sebagai orang tua muslim, tentunya kita menginginkan anak yang sholeh/sholehah. Sewaktu lahir kedunia, banyak keluarga, temen, tetangga yang mendokan anak kita menjadi anak yang sholeh/sholehah.

Dunia anak-anak memang masih suka bermain, akan tetapi disela-sela bermainnya kita juga sudah harus mengajarkan untuk anak-anak mengenal dan praktek untuk belajar sholat.

iqoh

Berikut tips agar anak-anak belajar sholat sejak usia dini :

1. Anak di Usia > 2 tahun, orang tua harus memberikan contoh, disaat waktu sholat segera kita sholat dan ajarkan anak ikut juga sholat berjamaah.

2. Anak Usia 2-4 tahun, anak-anak senantiasa kita ajak sholat. Yuk, Kakak sholat dulu, sudah Adzan, nanti mainnya setelah setelai sholat ya, dengan nada mengajak, Insyallah anak-anak kita akan menurut.

3. Belikan perlengkapan sholat, disaat anak usia 4-5 tahun, biasanya peci,sarung atau mukena beragam motif dan warna, sehingga menarik untuk anak-anak kita memakainya.
Berikan penjelasan juga kenapa memakai perlengkapan tersebut, sehingga mereka mengerti dan akan senang hati memakainya.

4. Usia 6-8 tahun anak-anak kita ajarkan pemahaman tentang kewajiban umat Islam, yang salah satunya sholat, sehingga ada bentuk tanggung jawab yang anak-anak nanti ketahui, sehingga merekapun mengerjakan dengan tanggung jawab juga.

Sabar dalam mendidik anak untuk belajar sholat dan senantiasa berdoa kepada Allah agar dimudahkan anak-anak kita untuk melaksanakan sholat. Semoga anak-anak kita menjadi anak sholeh/sholehah, karena sholat adalah tiang agama. ( diolah dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi ) rep:zae

Share this...
Print this page
Print
Tags: ,
Categorised in: ,

No comment for Tips Agar Anak Sholat Sejak Usia Dini

Leave a Reply