Menu Click to open Menus
Home » Berita » Mau Jadi Kaya Bermodalkan THR? Coba Lakukan Ini! (Bagian 1)

Mau Jadi Kaya Bermodalkan THR? Coba Lakukan Ini! (Bagian 1)

(530 Views) December 29, 2015 8:51 am | Published by | Comments Off on Mau Jadi Kaya Bermodalkan THR? Coba Lakukan Ini! (Bagian 1)

2015629thr ilustrasi lucu (hackers-eror blogspot com) b                Sumber Gambar: berita2bahasa.com

Tanpa terasa bulan Syawal 1436 H tinggal menghitung hari. Selain setiap insan berlomba-lomba meningkatkan ibadah, di lain sisi sebagian besar dari kita juga sudah mulai menyiapkan berbagai kebutuhan lebaran. Oleh sebab itu, satu hal yang paling dinanti setiap orang yang berprofesi sebagai karyawan adalah Tunjangan Hari Raya (THR). Wajar saja, bagi seorang karyawan adanya THR tentu sangat membantu pemasukan rumah tangga (income), terutama di bulan Ramadhan yang biasanya pengeluaran untuk belanja rumah tangga justru meningkat. Kebiasaan dan kebutuhan menyambut lebaran seperti mudik (pulang kampung), membeli pakaian baru, makanan, handphone baru dan lain sebagainya juga menghabiskan banyak uang. Dan uniknya, walau sudah sering mengalaminya, banyak dari kita seperti terjebak dalam tempurung atau selalu mengulanginya.

Alangkah sayangnya, jika momentum perubahan keuangan karena adanya THR di tahun ini terlewatkan, seperti tahun-tahun sebelumnya. Pola yang terjadi selama ini, biasanya uang THR pada beberapa orang, akan dihabiskan sebelum lebaran menghampiri mereka. Bahkan ada pula yang uang THR habis ketika di hari ke-3 atau ke-4 lebaran. Tambahan lagi, banyak juga yang saat kembali ke tempatnya bekerja, yang tersisa adalah hutang yang menumpuk.

Sekarang mari kita renungkan, apakah mau begitu terus setiap tahunnya?

Tentu saja TIDAK, bukan? Tetapi sebagian besar kita akan berpikir, bahwa memang akan demikian yang terjadi atau sudah kebutuhan yang harus dipenuhi. Apalagi, bagi yang mudik, hal itu sudah menjadi tradisi seperti pada masyarakat di pulau Jawa, pengeluaran yang besar saat pulang kampung dan lebaran dirasa sudah sesuatu yang lumrah. Ini yang disebut dengan mental pesimis, membenarkan hal-hal yang biasa, bukan sebaliknya, membiasakan hal-hal yang benar. Padahal, seharusnya dana THR yang terbilang lumayan (biasanya nilainya sekali dari gaji pokok), dapat kita atur sedemikian rupa agar dapat membawa keberkahan finansial bagi kita. Terutama manfaat untuk masa  mendatang.  Banyak dari ahli keuangan rumah tangga menyarankan agar uang THR dapat di investasikan. Bahkan menurut kalangan pebisnis, dengan investasi THR saja malah akan membuat kita kaya dimasa yang akan datang. Investasi seperti apa dan bagaimana ya caranya?

(Bersambung ke bagian 2)

Penulis: Ahmadun Al Rusdi (Seorang Marketer dan juga Teknolog lulusan IPB). Materi disarikan dari pengalaman pribadi, orang lain, dan berbagai buku bacaan yang relevan.

Share this...
Print this page
Print
Tags: , , , ,
Categorised in:

Comment Closed: Mau Jadi Kaya Bermodalkan THR? Coba Lakukan Ini! (Bagian 1)

Sorry, comment are closed for this post.