Menu Click to open Menus
Home » Berita » Kereta Cepat Bandung Jakarta Akan Dimulai April 2016

Kereta Cepat Bandung Jakarta Akan Dimulai April 2016

(1050 Views) November 24, 2015 8:14 pm | Published by | No comment

Kereta Cepat Bandung Jakarta Akan Dimulai April 2016

Hanggoro Dwi Wiryawan selaku Dirut KCIC (Kereta Cepat Indonesia Cina) saat ini sedang mengurus tentang perizinan akan pembangunan kereta cepat Jakarta Bandung yang masih ada di Kemenhub. Akan tetapi tidak hanya Kemenhub yang berwenang untuk memberikan izin, masih ada pemprov Jabar, pemprov Jakarta, dan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang ikut serta dalam perizinan tersebut.

Hal ini diproses dari sekarang dikarenakan jadwal pembangunan yang akan dilangsungkan oleh pihak KCIC pada bulan april 2016. Rute yang akan dilewati oleh kereta cepat tersebut meliputi Halim Perdanakusumah, Kota Baru Walini, Padalarang dan Gede Bage.

Dengan rute rincinya sebagai berikut, kereta cepat akan bemulai dari Gede Bage melalui lingkar selatan, tol sampai Padalarang, Kta Baru Walini, mengikuti sepanjang tol arah Jatiluhur dan memotong di Karawang dan masuk lagi ke pinggiran tol hingga sampai ke Halim Perdanakusumah. Hampir keseluruhan jalur yang digunakan dalah pinggir jalan tol, ada yang menggunakan fly over dan terowongan.

Direncanakan kereta cepat Jakarta Bandung ini akan rampung 3 tahun mendatang dari sejak pembangunan mulai yakni bulan april 2016. Dan jalur dalam perencanaan memiliki jarak hingga 150 kilometer. Dan dari sepanjang jalur tersebut akan menemui terowongan yang panjang hingga 20 kilometer yakni di daerah Walini.

Dan anggaran nya memang cukup besar yang mencapai USD 5.5 Miliar atau setara dengan 70 Triliun rupiah. Hanggoro menyatakan bahwa pendanaan murni dari investasi yang 75% dari China Development Bank, dan 25% dari 4 konsorsium tersebut. Yang terdiri dari PT. Wika, PT. KAI (Kereta Api Indonesia), PT. Perkebunan Nusantara VIII, dan PT. Jasa Marga serta tidak menggunakan jaminan Negara, ini merupakan business to business murni.

Dan direncankana juga jika kereta cepat sudah aktif nanti di tahun 2019, tariff akan disesuaikan nant dan perkiraan saat ini berada di sekitar 200 ribu.  Dan Ahmad Heryawan yang akrab dengan sapaan Aher selaku Gubernur Jabar akan melaksanakan tugas tentang rekomendasi pembangunan kereta cepat itu dengan peraturan yang berlaku.

Share this...
Print this page
Print
Tags:
Categorised in:

No comment for Kereta Cepat Bandung Jakarta Akan Dimulai April 2016

Leave a Reply