Menu Click to open Menus
Home » Berita » Kapal Illegal Fishing Akan Ditenggelamkan tanpa Adanya Proses Pengadilan

Kapal Illegal Fishing Akan Ditenggelamkan tanpa Adanya Proses Pengadilan

(521 Views) November 23, 2015 3:40 pm | Published by | No comment

Kapal Illegal Fishing Akan Ditenggelamkan tanpa Adanya Proses Pengadilan

Mengingat banyaknya kapal asing yang mencuri perikanan kita beberapa waktu lalu, dan merugikan Negara cukup besar. Presiden Jokowi mengeluarkan peraturan baru yakni Perpres no 115 tahun 2015 mengenai Satgas Illegal Fishing (Satuan Tugas Pemberantasan Penangkapan ikan secara illegal). Dan Komandan Satgas tersebut tertunjuk pada Susi Pudjiastuti selaku Mentri Kelautan dan Perikanan.

Sedangkan untuk ketua Pelaksana Harian Satgas diberikan kepada Laksamana Widodo yang menjabat juga Wakil Kepala Staf Angkatan Laut. Wewenang dari Satgas ini adalah memiliki kewenangan langsung untuk menengelamkan langsung kapal asing yang masuk teritori laut Indonesia tanpa ijin dan melakukan penangkapan ikan illegal tanpa melewati proses pengadilan.

Dan Mentri Susi selaku Komandan Satgas meiliki kewenangan sebagai pemegang otoritas penuh, kendali dan komando yang berkaitan dengan unsur unsur yang ada di Satgas. Selanjutnya kewenangan alam menentukan target operasi dan memrintahkan unsur Satgas dalam menegakan hukum.

Yang tentunya komandan satgas diminta untuk melaporkan dan memberikan perkembangan yang ada di lapangan kepada Kepala Negara setiap 3 bulan sekali atau sesegera mungkin apabila diperlukan. Dan pak Jokowi menegaskan bahwa Satgas ini sudah memiliki anggaran tersendri baik untuk sarana dan prasarananya yang tentunya akan menunjang kegiatan atau proses peneggelaman kapal di tengah lautan.

Kemudian Jokowi menambahkan bahwa sudah menyusun anggaran untuk unsur unsur yang berkaitan dengan instansi yang terkait proses tersebut. Mentri Susi pun akan diberikan penambahan armada namun untuk operasi di tahun 2016 masih menggunakan armada yang ada, karena dirasa masih mampu untuk melakukan proses penenggelaman kapal yang jika nanti tertangkap di lau lepas Indonesia.

Penambahan Armada kapal dari KKP mungkin akan disediakan di tahun 2017 atau mungkin secepatnya jika diperlukan. Dan semoga dengan adanya peraturan Presiden ini akan membuat laut dan perikanan kita aman dari pencurian ikan yang saat ini masih marak dilakukan oleh asing.

Tags:
Categorised in:

No comment for Kapal Illegal Fishing Akan Ditenggelamkan tanpa Adanya Proses Pengadilan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'