Menu Click to open Menus
Home » Berita » Penumpang Lion Air Emosi Akibat Delay Terbang

Penumpang Lion Air Emosi Akibat Delay Terbang

(844 Views) November 22, 2015 9:33 pm | Published by | No comment

Penumpang Lion Air Emosi Akibat Delay Terbang

Pesawat Lion Air dengan kode penerbangan JT898 route Jakarta – Makasar mengalami masalah operasional yang mengakibatkan delay hingga enam jam lamanya. Hal tersebut tentu membuat para penumpang emosi dikarenakan seharusnya keberangkatan pukul 05.00 WIB dari bandara Soekarno-Hatta.

Penumpang mengamuk hingga mencegat penerbangan selanjutnya dan memaksa pesawat yang akan lepas landas untuk bisa membawa penumpang yang mengamuk. Hadi M Djuardi selaku Staff Khusus Kementrian Perhubungan menjelaskan bahwa delay disebabkan oleh permintaan penggantian pesawat dari Boeing 737-190 menjadi Airbus A330-350 yang dilakukan pihak Lion Air, namun hal tersebut dilakukan pada jam 08.00 WIB.

Dan yang jadi permasalahan adalah pesawat Airbus yang akan menggantikan pesawat Boeing tersebut merupakan pesawat baru yang belum pernah operasional dan tentunya harus memiliki sertifikat kelayakan terbang. Setelah memiliki sertifikat tersebut barulah bisa dikeluarkannya approval flight sambung Hadi.

Dan menurut Hadi, semua prosedur selesai sampai pukul 09.00, namun hal itu tetap tidak mengubah pemikiran Staf khusus Kemenhub ini untuk tidak melayangkan surat peringatan. Karena Hadi menduga bahwa ada dugaan tidak adanya koordinasi dari divisi ticketing dengan manajemen Lion Air yang mengakibatkan penjualan ticket melebihi kapasitas seat.

Tentu hal ini membuat pihak Kemenhub berpikir bahwa tidak adanya perencanaan yang lebih awal dari pihak Lion air yang menyebabkan terlantarnya penumpang hingga berjam jam. Hal tersebut harus dikaji ulang dengan memanggil pihak manajemen dari Lion Air. Yang jika terbukti dugaannya, akan melarang membuka jalur baru untuk Lion Air.

Sementara pengamat penerbangan, Marsekal (purn) Chappy Hakim mengatakan bahwa hal ini bisa menyebabkan dibekukan izin penerbangan Lion Air. Dikarenakan keterlambatan penerbangan yang sangat lama dengan dugaan penjualan tiket yang melebihi kapasitas. Perlunya audit terhadap manajemen karena bisa membahayakan nyawa orang banyak dikarenakan kapasitas yang melebihi kapasitas.

Sedangkan pihak manajemen yang diwakili oleh Andy M Saladin selaku Humas Lion air mengaku tidak mengetahui informasi mengenai pergantian pesawat yang dilakukan Lion Air. Dan penuturan dari pihak Lion Air menambah rumitnya masalah penerbangan yang ada di Indonesia.

Share this...
Print this page
Print
Tags:
Categorised in:

No comment for Penumpang Lion Air Emosi Akibat Delay Terbang

Leave a Reply