Menu Click to open Menus
Home » Berita » Kodim Turun Tangan Bersihkan Sampah Ciliwung

Kodim Turun Tangan Bersihkan Sampah Ciliwung

(713 Views) November 17, 2015 3:53 pm | Published by | No comment

Kodim Turun Tangan Bersihkan Sampah Ciliwung

Ratusan personil dari Kodim Jakarta Timur dan Jakarta Selatan ikut diperbantukan dalam pembersihan sampah yang ada di sungai Ciliwung. Dan selueruh personil Kodim tersebut membersihkan sampah di sungai tersebut tanpa peralatan alias dengan tangan kosong. Mayor Infantri Agung Budhi selaku staf Kodim Jaksel menyataan bahwa personil tersebut terdiri dari satu SSK (Satuan Setingkat Kompi) dari Kodim Jaksel dan dibantu oleh Satu SSK dari Batalyon 201 Jaktim.

Agung Budhi pun menambahka bahwa ada dua target yang dilaukan personil di sungai Ciliwung, Target fisik dan non fisik. Yang pada bagian fisik adalah membersihkan sampah dari sungai sedangkan untuk kegiatan non fisiknya adalah bahwa TNI pun peduli akan kebersihan sungai Ciliwung serta ingin mengajarkan pada masyarakat akan kesadaran dalam menjaga kebersihan.

Sebelumnya, sejak dari tanggal 15 November 2015 ratusan personil dari petugas kebersihan pun sudah membersihkan sungai tersebut. Yang langsung dibuang ke TPST Bantargebang. Dengan bantuan 2 buah alat berat (backhoe) sampah pun berangsur hilang. Namun sampah kiriman tersebut sepertinya tidak kunjung habis.

Menurut pantauan, sampah tersebut merupakan kiriman dari kawasan Bogor dan Depok yang dilewati juga oleh sungai tersebut. Sampah yang ada pada sungai tersebut didominasi oleh kayu, bambu, sampah plastic dan Styrofoam. Dan saking padatnya sampah, para petugas pun bisa berjalan diatas sampah tanpa takut terperosok.

Mahmudin, selaku petugas pengawas Dinas Kebersihan DKI Jakarta, sebelumnya juga sudah mengankut 35 kubik sampah yang hingga saat ini masih ada sekitar 150 kubik sampah yang harus dibersihkan. Tentu hal tersebut mengharuskan dinas kebersihan harus bekerja siang  malam untuk membersihkan sampah tersebut.

Tentu hal tersebut guna mengantisipasi banjir yang lebih besar jika hujan dating dengan kapasitas yang besar. Meskipun menggunakan alat berat tetap sampah tidak bisa diangkat semua karena backhoe tidak mampu menjangkau seluruh bagian sungai dengan begitu para petugas harus tetap terjunke sungai untuk mengangkut sampah yang ada, dan berkat para petugas kebersihan sampah pun saat ini sudah mulai berkurang.

Share this...
Print this page
Print
Tags:
Categorised in:

No comment for Kodim Turun Tangan Bersihkan Sampah Ciliwung

Leave a Reply