Menu Click to open Menus
Home » Berita » Gunung Merapi Terlihat Aktif Kembali

Gunung Merapi Terlihat Aktif Kembali

(920 Views) November 15, 2015 1:24 pm | Published by | No comment

Gunung Merapi Terlihat Aktif Kembali

Belum lama ini gunung Merapi membuat sedikit kepanikan warga dikarenakan aktifitasnya yang menjadkan status aktifitas gunung tersebut menjadi waspada beberapa waktu lalu. Dan saat ini gunung Merapi yang membuat para Pengawas Gunung Api di area tersebut menghimbau pada para pendaki untuk tidak mendekati puncak gunung Merapi dalam radius tiga kilometer.

Gunung Merapi yang berada di Kab. Tanah Datar, agam, kota Padang Panjang, Sumatera Barat tersebut terus melakukan aktifitas yang fluktuatif dari semalam pukul 22.33 WIB hingga saat ini. dan sampai pukul 07.00 WIB tadi gempa tektonik sudah terjadi sebanyak tiga kali.

Warseno selaku Petugas Pos PGA Merapi menyatakan bahwa erupsi yang diakibatkan oleh gunung yang satu ini akan sangat berbahaya bagi warga setempat dan para pendaki, oleh karena itu, kami menutup pendakian dan segala kegiatan masyrakat guna meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan.

Dengan ketinggian 2.892mdpl sejak dari semalam tepatnya pukul 22.33 WIB mengeluarkan abu dan asap vulkanik dari perut gunung dengan amplitude 29.4mm, dengan durasi sekitar 40 detik. Yang tentunya membuat hampir seluruh kota Padang Panjang terkena abu tersebut.

Di tanggal 03 Agustus 2015 yang lalu, PVMBG atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi telah menyatakan bahwa status gunung Merapi adalah waspada dengan level kedua sampai saat ini tidak berubah. Hal ini disebabkan oleh letusan yang tidak terlalu besar dan hanya mengeluarkan asap dan abu vulkanik saja, visualnya tidak terlalu terlihat dengan jelas, sambung Hendarto selaku Kepala PVMBG.

Dan Sukma selaku Kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) kota Padang Panjang menyatakan bahwa belum ada aktifitas dari gunung Merapi yang berdampak langsung pada masyarakat sekitar. Mungkin hanya abu vulkanik yang sedikit akan mengganggu dan mengotori rumah baik dari halaman sampai atap rumah penduduk.

Share this...
Print this page
Print
Tags: ,
Categorised in:

No comment for Gunung Merapi Terlihat Aktif Kembali

Leave a Reply