Menu Click to open Menus
Home » Berita » Polemik Kematian Dokter Magang

Polemik Kematian Dokter Magang

(1291 Views) November 13, 2015 10:47 pm | Published by | No comment

Polemik Kematian Dokter Magang

Kabar kematian dokter Andra menjadi pembicaraan hangat belakangan ini. menurut informasi yang didapat, hal tersebut terjadi dikarenakan loyalitas yang dimiliki oleh sang dokter magang ini namun fasilitas di daerah tempat dia magang tidak mendukung sehingga tidak bisa tertolong.

Pria yang bernama lengkap Dionisius Giri Samudera dengan panggilan Andra meninggal diakibatkan demam tinggi dan terlihat ada bercak merah sepulangnya dari Jakarta. Yang menurut pemeriksaan dokter muda ini mengalami sakit campak yang berkomplikasi.  Sebelumnya berangkat sudah merasa demam namun Andra merasa dia harus segera kembali karena cutnya sudah habis.

Demamnya terus meninggi saat berada di kapal feri saat akan menyebrang ke tempat dia akan bekerja, yakni Kepulauan Aru, provinsi Maluku. Melani selaku rekan kerja Andra yang memberikan informasi tersebut, dan menambahkan bahwa Andra sudah mengalami rasa sakit dan penurunan kesadaran itu sejak tanggal 11 November lalu sekitar pukul 12.00 WITA. Namun tidak bisa di lakukan pengobatan karena beberapa keterbatasan RSUD Cendrawasih, tempat Andra magang.

Yang tentunya dirujuk ke RS Bunda Di Jakarta, akan tetapi pemerintah tidak bisa melakukan evakuasi dengan cepa karena harus mendarat dulu di Bandara Timika Ambon yang selanjutnya baru bisa melangsungkan penerbangannya ke daerah Dobo. Namun evakuasi tetap belum bisa dilakukan karena banyak yang tidak berani mendarat di daerah Dobo dikarenakan landasan yang sangat pendek.

Dan sementara itu, tim medis dari RSUD Cendrawasih masih terus berusaha menyelamatkan Andra dengan keterbatasan alat alat. Yang akhirnya kondisi semakin sulit dan menyebabkan dokter muda ini meninggal dunia pada pukul 18.16 WITA di rumah sakit tempat Andra magang. Yang memang keesokan harinya, 12 november 2015 adalah Hari Kesehatan Nasional, yang seharusnya menjadi peringatan bagi para pelaku medis.

Semoga kejadian ini bisa menjadi tamparan bagi pemerintah untuk memperbaiki fasilitas atau apapun yang berkaitan dengan urusan kesehatan seluruh rakyat Indonesia.  

Share this...
Print this page
Print
Tags:
Categorised in:

No comment for Polemik Kematian Dokter Magang

Leave a Reply