Menu Click to open Menus
Home » Berita » Warga Bantargebang Keluhkan Kompensasi Uang Bau Sampah

Warga Bantargebang Keluhkan Kompensasi Uang Bau Sampah

(604 Views) November 2, 2015 7:38 pm | Published by | No comment

Warga Bantargebang Keluhkan Kompensasi Uang Bau Sampah

Bantargebang adalah tempat dimana sampah se-jabodetabek dibuang disana. Pemerintah memang sudah memberikan kompensasi dengan uang bau sampah sebesar Rp.300.000,- per 3 bulan, namun masyarakat Bantargebang tidak merasa cukup dikarenakan kebutuhan yang semakin meningkat.

Bahkan uang kompensasi itu tidak cukup untuk membeli air bersih selama tiga bulan, ujar salah satu warga Bantargebang. Pemerintah seharusnya melihat kenyataan yang ada, tambah Habsah pendudu dari kelurahan Sumur Batu, Bantargebang. Habsah mendapatkan uang kompensasi yang disebut Community Development sebesar 300 ribu rupiah sedangkan air bersih harus kami bayar 150 ribu per bulannya.

Nombok adalah istilah yang di ucapkan Habsah untuk dana kompensasi tersebut. Belum lagi stigma yang diperoleh seluruh warga yang tinggal didaerah Bantargebang, yang sering disebut dengan warga tempat sampah. Habsah menginginkan stigma itu bisa dirubah menjadi karyawan pengolahan sampah, maka dari itu pemerintah seharusnya memberikan atau memberdayakan mereka menjadi karyawan, tambah Habsah.

Pemerintah pun sudah mendengar dan akan terus mengkaji masalah yang satu ini, ucap Ariyanto Hendarta selaku Ketua Komisi A DPRD Bekasi. Dan memang kompensasi itu tidak sebanding dengan beban yang diterima warga seperti Habsah. Menerima aspirasi warga merupakan tugas utama dari pihak DPRD.

Lalu Ratim selaku Kabid Pendataan dan Pengembangan Dinas Kebersihan untuk kota Bekasi menambahkan akan mengusulkan pada Pemkot DKI Jakarta terkait masalah sampah di Bantargebang dan aspirasi warga. Serta usulan tersebut akan dilayangkan bersama dengan kenaikan tipping fee per 2 tahun sekali. Seperti yang telah ditetapkan baru baru ini bahwa tipping fee untuk 2016 adalah sebesar 133 ribu yang sebelumnya hanya 123 ribu.

 Namun sampai saat ini belum ada tidak lanjut dari pihak pemeritah baik dari Pemkot DKI Jakarta maupun dari Bekasi. Warga Bantargebang berharap masalah sampah ini bisa menemukan titik temu yang adil secepatnya.

Tags: , ,
Categorised in:

No comment for Warga Bantargebang Keluhkan Kompensasi Uang Bau Sampah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *