Relawan GTPSA Pantau Aktifitas Pelayanan Publik Terkait Penerapan Protokol Kesehatan

Publikjurnalistik – Relawan Goes to Public Service Area atau yang biasa disingkat dengan Relawan GTPSA , diberi tugas untuk melakukan pemantauan terhadap aktivitas pelayanan publik di dekat tempat tinggal mereka atau yang terjangkau. Pemantauan meliputi apa yang dilihat, diamati dan dianalisa terutama kondisi terkini tempat-tempat layanan/fasilitaspublik : seperti rumah sakit,pasar,pusat pembelanjaan,stasiun kereta,terminal bis,masjid,stadion olahraga,kantor admintrasi & pajak dan lain-lain. Relawan akan membuat foto atau laporan singkat tentang hal hal yang diamati yakni penerapan protokol kesehatan pasca PSBB dan catatan temuan dilapangan,lalu dikirimkan ke kordinator Relawan. GTPSA sendiri berada langsung dibawah Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Walau terlihat mudah,namun banyak kisah yang mungkin tak banyak orang tahu bagaimana dinamika menjadi seorang Relawan. Paling sering ditemui oleh para relawan adalah pada saat melakukan tugas, dimana masih banyak masarakat yang engan mengikuti protokol kesehatan seperti tidak memakai masker, tidak melakukan socialdistancing. Selain itu, ada pula masarakat yang hanya disiplin melakasanakan protokol kesehatan ketika mereka tahu ada relawan saja namun ketika tidak ada,masarakat enggan melakanakannya. Hal ini membuat relawan perang batin, marah,sedih,kecewa. Bagaimana tidak, sosialisasi tentang bahaya virus covid-19,protokol kesehatan sudah banyak dilakukan namun masih saja yang tidak memperdulikannya padahal jumlah kasus covid-19 bertambah.

Memang kami Relawan GTPSA hanya diberi tugas memantau saja, namun disisi lain kami juga mau masarakat sadar bahwa pandemik Covid-19 itu bisa membahayakan untuk semua orang.

Oleh karena itu, Kami Relawan GTPSA mengajak semua pihak untuk peduli akan bahayanya Covid-19, hal yang paling mudah dilakukan adalah, memakai masker ketika berada diluar rumah, jaga jarak 1-2, sering mencuci tangan dengan mengunakan sabun. Semoga pandemik Covid-19 ini lekas berlalu dari negara kita tercinta.

( Fikri fauzi. Relawan Goes To Publik Area Surakarta . Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 )