Saya Kecewa dengan Pemimpin di Negeri Ini yang Menutupi Data Penyebaran Virus Corona

Solo Raya, 14 Maret 2020

Para pemimpin di negara ini masih ada yang menutupi data penyebaran virus corona, Padahal sudah ada undang-undang No.14 Tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik tepatnya diPasal 10 yang isinya :

Ayat (1). Badan Publik wajib mengumumkan secara serta- merta suatu informasi yang dapat mengancam hajat hidup orang banyak dan ketertiban umum;
Ayat (2) Kewajiban menyebarluaskan Informasi Publik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) disampaikan dengan cara yang mudah dijangkau oleh masyarakat dan dalam bahasa yang mudah dipahami.
Lalu di Undang-Undang No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan pasal 154 ayat 1 yang isinya :

Ayat (1).Pemerintah secara berkala menetapkan dan mengumumkan jenis dan persebaran penyakit yang berpotensi menular dan/atau menyebar dalam waktu yang singkat, serta menyebutkan daerah yang dapat menjadi sumber penularan.

Sedangkan bagi pemerintah daerah adalah Undang-Undang No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan pasal 155 ayat 1. yang isinya :

ayat (1).Pemerintah daerah secara berkala menetapkan dan mengumumkan jenis dan persebaran penyakit yang berpotensi menular dan/atau menyebar dalam waktu yang singkat, serta menyebutkan daerah yang dapat menjadi sumber penularan.

Berdasarkan dasar hukum tersebut, susah sepatutnya para pemimpin di negara ini, baik itu pusat ataupun daerah membuka akses seluas-luasnya untuk masarakat untuk mengetahui informasi tentang data penyebaraan virus corona agar masarakat tidak mendapatkan informasi yang tidak bisa dipertangung jawabkan selain itu masarakat juga senantiasa waspada.

Fikri fauzi – pengamat jomblo